Wagub Malut Sambut Kedatangan Jamaah Haji Kloter 7 di Ternate

0
29

TERNATE– Kedatangan jamaah haji kloter 7 dari embarkasi Makassar ke asrama haji transit Ternate di kelurahan Ngade, di terima langsung Wakil Gubernur Maluku Utara, M. Al Yasin Ali, Sabtu (24/08/2019).

Wagub dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan selamat datang kepada seluruh jamaah asal Maluku Utara.

“Alhamdulillah, serta rasa syukur kepada Allah SWT atas izin serta kehendak-Nya, seluruh proses pelaksanaan ibadah haji tahun 1440 H/2019 M telah selesai. Saat ini seluruh jamaah haji mulai bergerak meninggalkan tanah suci Makkah, termasuk jamaah haji provinsi Maluku Utara,” ujarnya.

Menurutnya, harus dipahami ibadah haji merupakan sebuah perjalan yang sangat berat karena membutuhkan persiapan fisik dan mental sejak keberangkatan hingga kembali ke kampung halaman.

“Alhamdulillah, perasaan kekhawatiran semuanya dapat dilewati dengan lancar, meskipun diantara jamaah yang mungkin berhalangan dalam melaksanakan ibadah yang lain, namun secara umum semuanya telah dapat melaksanakan rukun yang diwajibkan di tanah suci. Semua peristiwa tersebut hendaknya terus di renungkan sekaligus dijadikan pengalaman berharga bagi diri sendiri,” katanya.

Wagu menjelaskan, dengan disandangnya predikat haji, hendaknya mampu memberikan contoh dan teladan dalam kehidupan bermasyarakat baik lingkungan keluaga sendiri maupun lingkungan masyarakat.

Sementara itu, ketua rombongan kloter 7 asal Tikep, Hi. Fahrul dalam mengatakan, perjalanan ibadah haji tentunya ada suka dan duka.

“Perlu kami sampaikan bahwa, rombongan kami (kloter 7) mulai berangkat sampai pulang ke Ternate yang wafat sebanyak 5 orang, ada juga sebagian yang sakit. Kami juga sering mendapat cobaan, tapi alhamdulillah semua rukun haji kami laksanakan dengan sempurna,” ungkapnya.

Dirinya juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah atas segala perhatian dan bantuan yang telah diberikan kepada seluruh jemaah dalam melaksanakan ibadah haji.

“Seluruh petugas jemaah haji, kami ucapkan terimakasih atas segala dedikasi dan bantuan untuk kelancaran ibadah haji,” tuturnya.

Jamaah haji kloter 7 yang berjumlah 445 orang berasal dari jemaah haji Kota Tidore Kepulauan, Halmahera Barat dan Halmahera Timur. Sementara untuk kloter 8 yang tiba pada besok adalah jemaah haji dari Kota Ternate, dan sisanya kloter 9 akan tiba pada Senin 26 Agustus.

Tampak hadir dalam acara penjemputan tersebut, Wagub Malut IM. Al Yasin Ali, Kepala TU Kanwil Kemenag Tamrin Tomagola, Karo Kesra Dihir Bajo dan sejumlah pejabat Kemenag serta perwakilan dari unsur forkopinda Malut. (div).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here