Apa Itu Bantuan UMKM Mekar?

Bantuan dana UMKM Mekar diselenggarakan oleh PT Permodalan Nasional Madani (Persero) yang didirikan oleh pemerintah pada tanggal 1 Juni tahun 1999 sebagai salah satu cara menanggulangi krisis moneter yang dimulai pada tahun 1997 dan berlangsung hingga awal abad milenium. Perusahaan ini biasa disebut dengan singkatannya yaitu PNM. Di tahun 2002 PNM melakukan transformasi bisnis dengan menghadirkan produk PNM ULaMM, singkatan dari Unit Layanan Modal Mikro, yang merupakan pembiayaan secara langsung yang fokus ditujukan bagi pelaku usaha mikro dan kecil. 

Sumber pendanaan PNM didapat dari kerja sama dengan pihak ketiga yaitu perbankan dan pasar modal. PNM memiliki visi “Menjadi lembaga pembiayaan terkemuka dalam meningkatkan nilai tambah secara berkelanjutan bagi UMKMK yang berlandaskan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCC) atau Tata Kelola Perusahaan yang Baik.” PNM semakin berkembang dan di tahun 2012 berhasil mendapatkan pendanaan dari pasar modal melalui penerbitan obligasi. Sebagai langkah selanjutnya, PNM meluncurkan produk PNM Mekaar. Apa itu Mekar UMKM? Simaf sekilas info mengenai produk dari perusahaan BUMN PMN tersebut di bawah ini. 

Mengenal PNM di UMKM Mekar

Di tahun 2015 PNM meluncurkan produk baru yang diberi nama PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera, yang disingkat dengan PNm Mekaar. Bantuan UMKM Mekar merupakan pinjaman bagi pemilik usaha mikro. Lalu apa bedanya PNM Mekaar dengan jenis bantuan UMKM lainnya? PNM Mekaar ditujukan khusus bagi kaum perempuan prasejahtera yang memiliki usaha ultra mikro. Usaha bisa yang sudah terbangun maupun yang baru direncanakan. Tiga tahun setelah pertama kali diluncurkan, tepatnya pada tahun 2018, program PNM Mekaar telah sukses disalurkan ke lebih dari 4 juta nasabah. Program PNM Mekaar didukung dengan pendampingan usaha dan pelaksanaannya dilakukan secara berkelompok. 

Nasabah UMKM Mekar

Lalu siapa yang bisa mendapatkan bantuan dari koperasi Mekar BUMN? Nasabah PNM Mekaar pada dasarnya memiliki pengetahuan yang cukup baik dan keterampilan untuk membangun usaha, tetapi mereka memiliki keterbatasan akses dari segi ekonomi. Sementara sisi finansial sangat krusial sebagai modal usaha. Karena memiliki akses terbatas secara finansial, maka keterampilan usaha mereka jadi tidak tersalurkan dengan baik. alasan keterbatasan akses ekonomi ini bisa beragam seperti tidak memiliki agunan, skala usaha yang terlalu kecil tidak sesuai dengan syarat bank, atau sandungan formalitas lainnya. 

Inilah alasan PNM menghadirkan produk Mekaar agar bisa menjembatani kesenjangan akses pembiayaan. Dengan adanya pembiayaan yang lebih mudah dijangkau, maka semakin banyak nasabah yang bisa mengembangkan usaha. Dengan begitu, diharapkan semakin banyak lapisan masyarakat yang bisa menggapai cita-cita dan meningkatkan kondisi ekonomi bagi dirinya, kesejahteraan keluarga, dan lingkungan di sekitarnya. Koperasi Mekar menawarkan bantuan meliputi peningkatan pengelolaan keuangan, penanaman budaya menabung, pembiayaan modal tanpa jaminan, dan meningkatkan kompetensi kewirausahaan dan pengembangan bisnis. 

Syarat yang wajib dipenuhi untuk nasabah PNM Mekaar di tahun 2021 adalah pemohon merupakan perempuan prasejahtera yang ingin membangun atau sudah memiliki usaha ultra mikro, membentuk kelompok beranggotakan minimal 10 nasabah yang bertanggung jawab secara bersama, setiap kelompok memiliki ketua, semua anggota wajib mengikuti Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM) yang diadakan 1 kali seminggu. Kegiatan PKM dilakukan sebagai pembinaan usaha dan membayar angsuran mingguan. Cara pengajuan bantuan PNM Mekaar bisa dilakukan pada pihak PNM yang mendata di wilayah masing-masing. 

UMKM Mekar Syariah

Selain menyediakan bantuan koperasi Mekar konvensional, ada pula koperasi Mekar PNM Syariah. Pelaksanaannya menggunakan prinsip syariah yang telah ditetapkan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. Program ini dilaksanakan melalui indoktrinasi usaha sesuai hukum syariah Islam yaitu diperuntukkan bagi nasabah Mekaar Syariah yang telah memiliki usaha, akan membangun usaha, atau sudah pernah memiliki usaha sebelumnya. 

 Setelah diberikan bantuan pembiayaan, nasabah wajib memiliki usaha. Setiap minggunya akan dilakukan pertemuan wajib untuk mengucap doa, janji nasabah, janji account officer Mekaar Syariah, dan janji bersama. Dengan adanya program UMKM Mekar Syariah ini, diharapkan nasabah bisa bergerak dari penerima sedekah menjadi pemberi sedekah.