Perluas dan Perbesar Usaha Anda dengan Bantuan UMKM BRI

Pemerintah kini tengah gencar memberikan bantuan kepada masyarakat Indonesia yang terdampak pandemi. Salah satunya adala sektor UMKM. UMKM sendiri merupakan kepanjangan dari Usaha Mikro Kecil Menengah. UMKM merujuk kepada usaha skala mikro, kecil, dan menengah milik perseorangan maupun sebuah badan. UMKM bisa dikatakan sebagai salah satu penggerak ekonomi negara. Perputaran uang yang dilakukan UMKM ini tidak main-main. Maka dari itu, untuk membantu perputaran ekonomi tetap lancar diadakanlah pinjaman UMKM BRI.

Sebagai salah satu bank BUMN sendiri, bank BRI turut memberikan bantuan kepada UMKM. BRI UMKM ini berupa pinjaman dana segar dengan bunga rendah. Pinjaman ini dibagi lagi menjadi tiga jenis untuk tiga jenis UMKM yang berbeda pula. Adapun tiga jenis pinjaman tersebut adalah Pinjaman Mikro, pinjaman retail menengah, dan pinjaman program. Semua pinjaman ini bisa membantu usaha Anda semakin berkembang dan besar. Dengan begitu usaha Anda tidak akan terdampak oleh pandemi yang berkepanjangan ini.

Bantuan UMKM BRI berupa pinjaman mikro terbagi lagi menjadi Kredit Usaha Mikro (KUR) dan Kupedes. Pinjaman yang diberikan bagi pegiat usaha mikro ini mencapai Rp. 500.000.000 dengan beberapa syarat yang diharuskan. Syarat tersebut seperti memiliki usaha mikro yang produktif, sudah berjalan selama minimal 6 bulan, layak, memiliki Surat Izin Usaha, dan tidak sedang menerima kredit. Selain itu ada pinjaman retail menengah. Pinjaman ini diperuntukkan untuk pegiat usaha menengah. Pinjaman retail menengah ini dibagi menjadi Kredit Modal Kerja dan Kredit Investasi. Pinjaman yang diberikan tidak mempunyai batasan hanya saja disesuaikan dengan kemampuan peminjamnya. 

Terakhir ada pinjaman program. Tidak semua UMKM yang bisa mengajukan pinjaman program ini karena hanya diperuntukan bagi usaha yang bergerak dibidang pangan. Pinjaman program sendiri dibagi menjadi tiga yaitu Kredit Pangan, Resi Gudang, Kredit Kemitraan. Syarat pengajuan ketiga jenis kredit ini sendiri adalah memiliki usaha yang telah aktif selama kurang lebih satu tahun lamanya atau selama dua kali siklus tanam, mempunyai Akta Pendirian Usaha, TDP, SIUP, SITU, dan IUMK serta melampirkan data diri. Apakah Anda termasuk ke dalam beberapa kategori peminjam ini? Jika benar, Anda bisa cek cara daftar UMKM BRI di bawah ini.

Cara Mendapatkan Bantuan UMKM BRI dengan Mudah dan Praktis

Tertarik untuk mendapatkan bantuan UMKM dari BRI? Tidak perlu khawatir. Anda bisa melakukannya dengan mudah dan cepat kok. Adapun cara daftar UMKM BRI adalah dengan mengikuti tahapan berikut ini. Pertama, siapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan. Dokumen pokok sendiri mencakup KTP, NPWP, dan Surat Ijin Usaha. Anda juga bisa melampirkan Akta Pendirian Usaha, TDP, SIUP, SITU, dan IUMK jika punya. Kedua, cek ketersediaan bantuan. Anda bisa cek apakah ANda bisa mendapatkan bantuan atau tidak. Caranya adalah dengan mengunjungi eform.bri.co.id.bpum. Masukan nomor KTP dan lengkapi kode verifikasi lalu klik ‘proses inquiry’. Jika Anda termasuk penerima bantuan Anda bisa lanjutkan langkah ketiga.

Setelah cek UMKM BRI Anda bisa lakukan pendaftaran secara offline maupun online. Pendaftaran secara offline sendiri bisa dilakukan dengan mendatangi kantor cabang BRI terdekat dan membawa semua berkas yang dibutuhkan. Datang ke bagian customer service untuk membantu pendaftaran pinjaman Anda. Untuk pendaftaran secara online sendiri bisa Anda lakukan melalui alamat website https://kur.bri.co.id/. Melalui alamat website ini, Anda bisa memilih dua opsi pendaftaran yaitu opsi ‘Ajukan Pinjaman KUR’ atau ‘Pinjaman E-Commerce’. Setelah itu Anda bisa mengisi data diri secara lengkap, melengkapi dokumen yang dibutuhkan, dan menunggu verifikasi. Jika divalidasi, pinjaman Anda akan segera cair.

Itulah semua informasi mengenai UMKM BRI. Mulai dari penjelasan mengenai UMKM, apa itu bantuan UMKM dari BRI, jenis-jenis bantuan UMKM dari BRI, cara mengecek UMKM BRI, hingga cara daftarnya. Jadi bagi Anda pemilik UMKM, sekarang Anda tidak perlu ragu lagi untuk mendaftarkan UMKM Anda sebagai penerima bantuan UMKM dari BRI. Dengan begitu Anda bisa memperbesar dan memperluas usaha Anda. Yuk daftar bantuan UMKM BRI sekarang juga.