Sultan Tidore Keluarkan Maklumat Lindungi Mahasiswa Papua

0
2853
Sultan Tidore, Husain Alting Sjah

TERNATE, PilarMalut.id – Sultan Tidore Husain Alting Sjah dengan resmi dan tegas mengeluarkan maklumat (idin) kesultanan yang ditujukan kepada seluruh Masyarakat Maluku Utara, untuk mendukung serta menjamin keamanan dan kenyamanan mahasiswa asal Papua yang berada di Malut.

Maklumat Kesultanan tersebut merupakan tanggapan dari berbagai insiden yang menimpah mahasiswa asal Papua yang terjadi dibeberapa daerah di Indonesia.

“Menjadi keputusan yang sangat penting di kehidupan saya sebagai seorang sultan, saya tidak terima ade-ade (Mahasiswa asal Papua) itu dicederai, bukan hanya tubuhnya tapi juga perasaannya karena itu bagian dari tanggung jawab saya untuk melihat ade-ade (Mahasiswa asal Papua), misalnya di diskriminalisasikan atau apapun juga yang namanya bentuk-bentuk itu, saya mohon untuk itu tidak keluar dari lisan dan bahkan pergaulan orang Maluku Kieraha,” Kata Sultan Tidore Husain Alting Sjah, kepada sejumlah awak media dan disaksikan Direktur Dir Intelkam Polda Malut, Kombes Pol. Alfian Budianto, Wakil Rektor III Unkhair Ternate Syawal Abdul Ajid, Akademisi Unkhair Mochtar Adam dan puluhan mahasiswa asal Papua, Rabu (21/08/2019).

Ia menuturkan, sebagai sultan tidore memiliki hubungan historis yang sangat panjang dengan Papua, bahkan dari sultan-sultan sebelumnya telah menjalin hubungan kekeluargaan melalui pernikahan dan sudah berlangsung ribuan tahun yang lalu, untuk itu kita adalah papua dan papua adalah kita.

Baca Juga : Polda dan Sultan Tidore Tatap Muka Mahasiswa Papua

“Seluruh orang yang ada di Maluku Utara bahwa jadikan teman atau saudara dari Papua sebagai bagian keluarga dari darah kita bersama, karena luka mereka adalah luka kita dan kesenangan mereka adalah kesenangan kita serta kebahagiaan mereka adalah kebahagiaan kita semua,” ujarnya (Ay).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here