Sampai Desember, Pemda Halut Masih Pertahankan ASN Eks Korupsi

Satu Nama Masih Misterius

0
146
kepala BKD-PSDA Pemda Halut Efraim Oni Hendrik

TOBELO, PilarMalut.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara (Halut), hingga memasuki Desember 2018 belum juga memecat 12 ASN yang tersandung kasus korupsi.

Padahal surat dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) sejak Februari lalu terkait pemecatan 12 ASN yang telah terbukti korupsi berdasrkan putusan inkrah dari pihak pengadilan Tipikor Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Dari 12 ASN eks korupsi, sudah 11 nama yang di kantongi PilarMalut.id yakni diantaranya mantan Direktur RSUD Tobelo, DR. Nikson Kroons, Fiktor Alemoka, Kristomus David, tersangkut kasus Alkes RSUD Tobelo, mantan Kadis Kelautan dan Perikanan Halut, Paulus Noya, mantan Kadis PU Pemda Halut, Mantan Kadis PU dan ULP Pemda Halut, Juhril Onthoni, Swener Babua, Ely Radja, Jones Bulango, Tira Titihena, tersangkut kasus pengadaan mesin Genset dan rumah Genset, mantan Kabag Kesra Setda Pemda Halut Arsad Abdul Rasyid tersangkut Kasus Dana Haji, dan Bendahara Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemda Halut, Fadhil Ulil.

Sementara satu nama masih misterius karena hingga kini kepala BKD-PSDA Halut Efraim Oni Hendrik, masih merahasiakannya. “Yah, saya lupa cek. Sekarang saya sudah di jakarta. nanti saya kasih info ketika sudah balik,” kata kepala BKD-PSDA Halut Efraim Oni Hendrik, saat dikonfirmasi via watshapp, Rabu (05/12/2018).

Meski begitu kata Oni, pihaknya memastikan 12 ASN eks Korupsi tersebut bakal di pecat pada Desember 2018. Sebab, pemecatan 12 ASN merupakan Instruksi dari 3 lembaga agar segera memproses edaran dari BKN pusat. “Yang jelas Desember 2018 mereka sudah di pecat, karena ada desakan dari 3 lembaga yakni BKN, Kemendagri dan Kemenpan RB untuk selesaikan sebelum masuk pada 2019 nanti,” katanya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Halut Fredy Tjandua ketika di konfirmasi menuturkan, Pemda Halut tengah memproses Surat Keputusan (SK) pemecatan 12 ASN tersebut.”Kami sementara Proses SK nya,” singkatnya. (AA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here