Sambut Hari Juang Kartika, Kodim 1508/Tobelo Gelar Penghijauan

0
87

TOBELO, PilarMalut.id – Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke 73 tahun 2018, Kodim 1508/Tobelo, melaksanakan Serbuan Teritorial berupa penanaman bibit pohon di Desa MKCM Kecmatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara.

Kegiatan dengan tema ”TNI AD Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat”, dihadiri Dandim 1508/Tobelo Letkol Kav Tri Sugiarto, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tobelo Adhi Satrija Nugroho, mewakili Kapolres Halut Ipda Lutfi, para Perwira Staf Kodim 1508/Tobelo, para Danramil jajaran Kodim 1508/Tobelo, Pasi Ops Satgas Yonif 731/Kabaresi Kapten Inf Robiansyah, Dansub POM Tobelo Letttu CPM Saryanto, Danton I Kipan C Yonif RK 732/Banau Letda Inf Frans Komea dan di ikuti anggota Kodim 1508/Tobelo, anggota Kipan C Yonif RK 732/Banau, anggota Satgas Yonif 731/Kabaresi, anggota Polres Halut, nggota Satpol PP Halut dan para Pelajar SMA.

Pada kesempatan tersebut Dandim 1508/Tobelo Letkol Kav Tri Sugiarto mengatakan, di era Globalisasi banyak lahan-lahan kosong dibangun untuk pemukiman yang menyebabkan polusi udara semakin meningkat, pemerintah melakukan sistem bertanam seribu pohon, namun dengan bertambahnya jumlah kendaraan bermesin yang lebih cepat berkembang dari pada pohon.

“Kita ketahui bahwa semakin lama bumi ini semakin tua, banyak hutan yang di tebang untuk dijadikan pemukiman atau hutan yang sengaja di tebang dan kayu-kayunya di jual jika. Hal itu tidak segera dihentikan sangatlah mungkin akan terjadi tanah longsor, banjir dan bencana alam lainnya,” ujarnya.

Menurutnya, Indonesia negara yang subur, pepohonan yang ditanam akan tumbuh subur tetapi ironisnya hutan-hutan di negara kita banyak yang gundul dan lahan kosong dibangun pabrik seolah-olah menguntungkan,” katanya.

Ia menjelaskan, kesuburan dan kehijauan kini hampir kehilangan jamrud dan citranya karena tangan orang-orang serakah yang merampok pohon-poho, mereka sungguh tidak bertenggung jawab dan tidak tahu petaka yang sedang mereka tanam.

“Mulai dari diri sendiri untuk menyadari sepenuhnya dan mulai mengajak saudara-saudara dan teman-teman kita untuk menanam pohon, minimalnya di lingkungan kita terdekat yaitu rumah kita, begitu pun di lingkungan perkantoran kita,” tuturnya.

Ia menambahkan, sudah harus melakukan penghijauan dengan menanam pohon yang sangat banyak dengan cara setiap orang menanam satu pohon. “Jadi banyak manfaat yang di peroleh, dimana manfaat yang kita peroleh ialah pohon dapat mengurangi polusi udara, akarnya dapat menyerap air yang dapat mencegah banjir membuat udara menjadi sejuk, mencegah tanah longsor dan masih banyak lagi manfaatnya,” tutupnya. (AA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here