RDPU Berjalan Alot, Kepala DLH Belum Berikan Dokumen UKL-UPL PLTU

0
119
RDPU DPRD Tikep

TIDORE, PilarMalut.id – Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) yang di lakukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tidore Kepulauan, dengan pihak Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang di wakili  Manager SDM Dan Administrasi PLN cabang Ternate dan Dinas Lingkunga  Hidup (DLH) Kota Tikep, serta masyarakat Kelurahan Rum Balibunga RT 4 dan RT 5 berlangsung Alot.

Rapat yang di pimpin Wakil ketua II DPRD Mohtar Djumati, hanya  memepertanyakan sejumlah dokumen mulai dari Hasil Uji Udara, Kualitas Air dan Jarak Radiasi dari batu bara serta Dokumen UKL-UPL milik PLTU yang di kantongi Dinas Lingkungan Hidup, untuk di jelaskan ke Anggota DPRD yang hadir pada rapat tersebut.

Dokumen UKL-UPL merupakan dokumen mengidentifikasi kegiatan dan dampak yang ditimbulkannya terhadap lingkungan, bahkan dokumen tersebut juga merumuskan langkah-langkah pencegahan, penanggulangan dan pengendalian dampak negatif yang terjadi akibat kegiatan perusahan.

Selain itu, dokumen tersebut sebagai pedoman dalam pelaksanaan untuk mencegah, menanggulangi dan mengendalikan kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup. Namun, Kadis Dinas Lingkungan Hidup Nurbaiti Fabanyo, belum menyerahkan dokumen UKL-UPLke DPRD.

Namun, beberapa anggota DPRD dalam rapat tersebut mengatakan, dokumen tersebut diminta mulai dari tahun 2016 hingga tahun 2019, tidak pernah diberikan Dinas Lingkungan Hidup dengan alasan yang tak jelas.

Menaggapi peryataan yang di sampaikan sejumlah anggota DPRD tersebut, Kadis Dinas Lingkungan Hidup Nurbaiti Fabanyo mengatakan, belum pernah mendapat laporan terkait dengan anggota DPRDTIkep meminta dokumen.

“Mungkin rapat waktu itu saya tidak ada, dan staf tidak menyampaikan ke saya, karena saya tidak tau kalau ada yang minta Dokumen tersebut,” ujarnya.

Selain itu, Kadis DLH berjanji akan mengantarkan dokumen UKL-UPL tersebut ke pada wakil rakyat untuk bisa di pelajari, “Nanti besok saya bawah dokumen tersebut ke DPRD” tutupnya. (Oi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here