Polres Ternate Bekuk Empat Pelaku Spesialis Pencuri Handphone dan Leptop

0
56

TERNATE, pilarmalut.id – Kepolisian Resort (Polres) Ternate melalui Tim Reserse Mobile (Resmob) Sat-Reskrim, berhasil membekuk empat pelaku spesialis pencurian barang elektronik berupa telepon genggam atau Handphone serta barang elektronik lainnya.

Keempat pelaku masing-masing inisial SJ alias Ipul (26), SM alias Ukin (27), MR alias Dedi (34) dan S alias Nandito (25). Mereka tercatat telah melancarkan aksinya pencurian sejak Maret 2020 kemarin.

Kapolres Ternate AKBP Aditya Laksimada di dampingi Kasat Reskrim AKP Riki Arinanda kepada awak media dalam konferensi pers di Mapolres Ternate, Senin (29/06/2020) mengatakan, setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, pihaknya langsung melakukan penyelidikan di tempat kejadian perkara (TKP) di salah satu kios di kelurahan Tabam Kecamatan Ternate Utara.

“Setelah melakukan penyelidikan, Polisi berhasil menangkap tiga orang tersangka pencurian dan satu orang tersangka lainnya yakni S alias Nandito di tangkap di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar),” katanya.

Ia menuturkan, dari hasil pengembangan tim penyidik, ke empat pelaku tersebut telah melakukan aksinya sebanyak 33 kali di 27 TKP di kota Ternate dan 3 TKP di Makassar dan Bitung.
“ Di Ternate sendiri ada 27 TKP ,selebihnya TKP ada di Makasar dan Bitung ,empat tersangka ini berasal dari luar Maluku Utara .Empat tersangka ini melakukan aksinya sudah tiga bulan, mereka adalah spesialis mencuri hendphone di kios dan kos-kosan. Modus yang dilakukan pelaku mengetuk pintu atau mengamati TKP, ketika TKP aman tersangka langsung melakukan aksinya,” ujarnya.

Ia menambahkan, barang bukti yang berhasil di amankan berupa 12 unit hendpohone, 9 unit leptop dan dua unit kendaraan motor yang digunakan pelaku saat melakukan pencurian.

Empat pelaku dijerat dengan pasal 363 JO 64 subsider 362 KHUAP JO pasal 55 KHUAP dengan ancaman hukuman 7 penjara. (Ay).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here