Polda Malut Pantau Medsos yang Sebarkan Informasi Hoax Covid-19

0
135
Kabid Humas Polda Malut, AKBP Adip Rojikan

TERNATE, PilarMalut.id – Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) mengimbau masyarakat lebih bijak menyikapi berbagai informasi yang didapatkan terutama informasi dari media sosial (Medsos) baik itu postingan FB, Tweeter, Instagram dan lainnya.

Kapolda Malut Brigjen Pol Rikwanto melalui Juru bicaranya, AKBP Adip Rojikan, Jumat (27/03/2020) mengatakan, maraknya informasi yang kebenarannya tidak dapat dipertanggungjawabkan, akan menimbulkan keresahan masyarakat Malut apalagi di tengah-tengah mewabahnya Virus Corona.

“Setiap Informasi yang diterima agar di cerna terlebih dahulu dengan mengunakan akal sehat, serta harus cerdas agar terhindar dari informasi Hoax dan merugikan diri sendiri,” katanya.

Ia menuturkan, publik Malut harus lebih selektif dalam menerima informasi dan tidak panik, pastikan kebenarannya atau klarifikasi kepada pihak yang berkompeten di bidangnya.

“Mengenai video viral bayi yang menyebutkan makan telur rebus dapat menangkal virus corona, hal tersebut tidak masuk akal karena dilihat dari video viral tersebut merupakan video editan, sehingga video tersebut tidak bisa dipertanggung jawabkan dan bisa dipastikan adalah Hoax,” ujarnya.

Ia berharap, bagi pengguna media sosial harus bijak bermedsos, postingan informasi yang tidak benar atau bermuatan meresahkan masyarakat di tengah Pandemi Covid-19 akan ditindak sesuai aturan yang berlaku.

“Kami akan terus lakukan Patroli di Media Sosial, apabila ditemukan informasi hoax yang meresahkan masyarakat akan kita tindak sesuai perundang-undangan yang berlaku melalui Subdit Cyber Crime Kriminal Khusus,” tuturnya (Ay).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here