Jenis Pinjaman BNI Syariah dan Keunggulannya

Untuk memenuhi permintaan konsumen yang meningkat akan lembaga perbankan yang menggunakan prinsip dasar syariah, Bank Negara Indonesia mendirikan BNI Syariah di tahun 2010. Semua kegiatan operasional dijalankan dengan dasar hukum Islam, begitu juga untuk pinjaman BNI Syariah. Produk pembiayaan ini tidak menggunakan bunga atau riba, karena menggunakan prinsip syariah yang telah ditetapkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). 

BNI Syariah menyediakan berbagai jenis pinjaman Bank BNI Syariah yang masing-masing memiliki fokus pembiayaan berbeda. Dengan begitu, nasabah bisa memilih jenis pinjaman sesuai kebutuhan masing-masing. Jenis pembiayaannya ada yang untuk kepemilikan rumah, kendaraan, kebutuhan konsumtif, modal usaha, hingga perjalanan Umroh. Sebelum mengajukan pinjaman di BNI Syariah, kenali dulu beberapa jenisnya di bawah ini. 

Pinjaman BNI Syariah KUR

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah salah satu program pemerintah sebagai bentuk dukungan kepada pegiat Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK) di Indonesia. Sektor industri UMKMK merupakan tiang penyangga bagi perekonomian Indonesia karena mampu membuka lebih banyak lapangan kerja dan mengurangi jumlah pengangguran. Kondisi ekonomi rakyat Indonesia bisa ditingkatkan apabila UMKMK didukung dengan baik. 

BNI adalah bank milik pemerintah yang menjadi salah satu penyalur KUR. Bank syariahnya juga menawarkan KUR BNI Syariah. Ada 2 jenis KUR yang bisa dimanfaatkan nasabah, yang pertama adalah KUR Mikro iB Hasanah yang menawarkan plafon pinjaman sebesar Rp 50 juta. Jika nasabah ingin mendapatkan pinjaman dana yang lebih besar, bisa memilih jenis yang kedua yaitu KUR Kecil iB Hasanah yang plafon pinjamannya bisa mencapai maksimal Rp 500 juta. 

BNI Syariah pinjaman modal usaha ini fokus ditujukan bagi pemilik usaha produktif perorangan yang telah memenuhi syarat dan dianggap layak menerima pinjaman. Pinjaman BNI Syariah wirausaha ini menawarkan syarat yang cukup mudah yaitu pemohon merupakan nasabah perorangan yang memiliki rekening tabungan di BNI Syariah, memiliki usaha aktif selama minimal 6 bulan, memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK), dan pemohon sedang tidak menerima kredit perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, atau kartu kredit. 

Pinjaman BNI Syariah Tanpa Jaminan

Untuk produk KTA BNI Syariah tersedia dalam bentuk pembiayaan kepemilikan rumah yaitu BNI Griya iB Hasanah. Nasabah bisa menggunakan BNI Syariah pinjaman ini untuk membeli rumah tinggal, rumah toko, rumah kantor, rumah susun, hingga apartemen. Selain membeli rumah yang sudah tersedia secara fisik, nasabah juga bisa membeli rumah inden dan tanah kavling, serta melakukan pembangunan dan renovasi. Plafon pinjaman maksimal sebesar Rp 25 miliar dengan tiga pilihan tenor yaitu 10 tahun 15 tahun dan 20 tahun. 

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi di tahun 2021 untuk mendapatkan BNI Griya iB Hasanah adalah pemohon berstatus kewarganegaraan WNI, telah berusia minimal 21 tahun dan maksimal usia pensiun, mempunyai pendapatan tetap dengan masa kerja paling sedikit adalah 2 tahun. Cara pengajuannya cukup mudah, yaitu dengan langsung mendatangi kantor cabang BNI Syariah terdekat, mengisi formulir yang disediakan, dan melengkapi berbagai dokumen yang diminta. 

Pinjaman BNI Syariah Fleksi Umroh

Banyak umat Islam yang mendambakan mengunjungi Tanah Suci. Kalau Naik Haji terasa berat, ada pilihan Umroh. Meski begitu, melakukan perjalanan Umroh membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena itu BNI Syariah menyediakan produk khusus pinjaman dana untuk ibadah Umroh yang dinamakan BNI Fleksi Umroh iB Hasanah. Khusus untuk produk ini, BNI Syariah telah bekerja sama dengan agen travel. Plafon yang ditawarkan maksimal Rp 200 juta dengan pilihan tenor 3 dan 5 tahun. 

Metode pinjaman menggunakan akad ijarah multijasa. Persyaratan pinjaman BNI Syariah di antaranya adalah pemohon memiliki status kewarganegaraan WNI, berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun, memiliki penghasilan tetap setiap bulannya dan memiliki kemampuan untuk mencicil. Jika telah memenuhi syarat, maka pemohon tinggal mengisi formulir dan melengkapi dokumen yang diminta.

Dapatkan info lengkap mengenai pinjaman BNI Syariah dengan menghubungi layanan pelanggan di nomor 14040.