Perpusnas Perkuat SDM 100 Pengelola Perpustakaan Sekolah di Malut

0
22
Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara Rahwan K Suamba

TERNATE, PilarMalut.id – Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) Tenaga Pengelola Perustakaan Sekolah, kembali dilakukan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Provinsi Maluku Utara, melalui kegiatan bimbingan tekhnis yang diikuti 100 Tenaga Pengelola Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menangah Atas (SMA) dan Madrsah Aliah (MA) dari Kota Ternate dan Kota Tidore Kepualauan.

Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara Rahwan K Suamba, usai membuka kegiatan di hotel Muara, Ternate, Senin (25/11/2019) mengatakan, kegiatan bimtek tersebut merupakan kegiatan Perpustakaan Nasional bekerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara, dengan tujuan meningkatkan ketrampilan tekhnis pengelola perpustakaan sekolah.

“Bimbingan tekhnis difokuskan pada sejumah materi dasar seperti pengembangan koleksi, pengorganisasian informasi, layanan perpustakaan, perawatan dan pelestarian bahan perpustakaan, peningkatan minata dan gemar membaca dan aplikasi tekhnologi informasi untuk perpustakaan,” ujarnya.

Menurutnya, Saat ini perpustakan gelah mengikuti perkemnbagang tekhnologi 4.0 maka perpustakaan nasional pada tahun 2019 meningkatkan pelayanan melalui program Tranfomrasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di seluruh Indonesia, termasuk di provinsi Maluku Utara.

“Perpustakaan sekolah juga harus mampu menciptakan inovasi-inovasi baru yang relevan dengan kondisi sekolah sehingga perpustakaan sekolah tetap menjadi idola para pemustaka (pelajar/siswa),” katanya.

Bimbingan tekhnis tersebut dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 25 hingga 27 Novemner 2019 dengan menghadirkan narasuber dari Perpustakaan Nasional dan dinas kerasipan dan perpustakaan provinsi Maluku Utara. (div).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here