Peringati HUT Wira Kartika, Kodim 1501 Ternate Gelar Upacara  

0
149
Kodim 1501 Ternate Gelar Upacara Peringati HUT Wira Kartika

TERNATE, PilarMalut.id – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika ke-11 Tahun 2018, Kodim 1501/Ternate bersama Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Maluku Utara (Malut), dan Kota Ternate menggelar upacara peringatan dan kegiatan karya bhakti pembersihan di wilayah tapak area Masjid Al-Munawar Kota Ternate, Jumat (02/11/2018).

Kegiatan tersebut yang dihadiri Dandim 1501/Ternate Letkol Kav Bambang Sugiyarta, Kasiter Korem 152/Babullah Letkol Inf La Ode M Sabarudin, Ketua Kwarda Pramuka Malut dan Kota Ternate. Kegiatan diawali dengan upacara peringatan yang dilaksanakan di Pelataran Makodim 1501/Ternate dipimpin langsung Dandim 1501/Ternate serta diikuti 5 SSK anggota Pramuka se-Maluku Utara, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan karya bhakti pembersihan di area Masjid Al-Munawar.

Dandim 1501/Ternate Letkol Kav Bambang Sugiyarta, dalam sambutannya mengucapkan selamat terlaksana HUT Pramuka Wira Kartika ke 11.

Menurutnya, HUT gerakan Pramuka kali ini memiliki 2 kata kunci yakni kemandirian gerakan pramuka dan pembentukan karakter kaum muda memasuki paruh kedua abad gerakan Pramuka.

“Pramuka mengajarkan dan membina tunas-tunasnya untuk mandiri, berdiri dikaki sendiri, kemandirian merupakan salah satu pilar penting bagi terciptanya kemajuan sejarah, bangsa besar telah membuktikan bahwa, kemandirian adalah pintu masuk untuk menuju kemajuan dan kesejahteraan suatu bangsa,” ujarnya.

Pembersihan Area Masjid Al-Munawar sebagai Rangkaian kegiatan HUT Wira Kartika

Ia menjelaskan, gerakan pramuka juga perlu ditingkatkan untuk mengasah keterampilan penguasaan ilmu dan teknologi, agar generasi masa kini dan mendatang memiliki daya saing yang tinggi.

”Gerakan pramuka juga harus terus dipupuk sebagai wadah bagi pembentukan nasionalisme dan patriotisme kita, jadi gerakan Pramuka sebagai wadah pengendalian diri dari pengaruh pengaruh negatif dan buruk agar generasi dan Tunas-tunas Bangsa tumbuh secara Cemerlang,” katanya.

Ia menambahkan, pendidikan kepramukaan tidak harus tergerus zaman tetapi berperan besar dalam pencetakan generasi muda yang unggul, berkarakter, berilmu berbudi pekerti dan mencintai alam.

“Maksud dan tujuan gerakan Pramuka ini agar menjadi instrumen yang dibutuhkan para siswa sekolah dan lingkungan, sebagai tempat yang menyenangkan untuk membangun potensi bakat dan minat generasi muda secara positif, juga menjadikan kepramukaan sebagai tempat belajar organisasi bergotong-royong, memupuk persaudaraan dan membina kerukunan antar sesama,” terangnya. (Ay).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here