Perbaikan Berkas Usai DCS, KPU Malut Luluskan Satu Bacaleg

0
340
Ketua KPU Malut, Syahrani Somadayo

TERNATE, PilarMalut.id – Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara, telah mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS), namun KPU Malut tetap akomodir dan luluskan salah satu Bacaleg Provinsi dari Partai Golongan Karya (Golkar) Sugiato Arif, walaupun perbaikan berkas akan di masukan ke KPU pada 1 September 2018.

Ketua KPU Malut Syahrani Somadayo, saat dikonfirmasi PilarMalut.id, Rabu (29/08/2018) mengatakan, Sugiyanto Arif tetap diluluskan karena setelah dimediasi diketahui berkas yang kurang hanya surat tanda sehat secara rohani.

“Iya, kami masih menerima berkas Sugiyanto. Walaupun, batas waktunya sudah lewat karena kekurangannya hanya di surat kesehatan rohani saja. Dan kami juga sudah mengecek berkas beliau ternyata berkasnya itu sudah dimasukan hanya saja tercecer dan baru ditemukan,” ujarnya.

Ia mengau, awalnya Sugiyanto dinyatakan tidak lulus karena di coret bersamaan dengan 7 bacaleg lainnya yakni, Hamid Usman dan Badaruddin Gailea Dari Partai Golkar, Fakhri Lantu dan Sampena Y Lagoti dari Partai Gerindra, Welhelmus Tahalele dan Ahkmaf Ibrahim dari Hanura, dan Arief Armaiyn dari partai Berkarya.

“7 bacaleg ini punya masalah yang sangat fatal yaitu telah terlibat dalam kasus korupsi, sementara Sugiyanto ini hanya kekurangan salah satu berkasnya saja dan berkasnya hanya tercecer, makanya kita luluskan,” Imbuhnya.

Ia manambahkan, meski nama 7 bacaleg yang telah coret masih tergantung pada pihak Bawaslu Provinsi lewat sidang ajudikasi,” tutupnya. (Fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here