Penyusunan RKPD Malut Tahun 2020 Resmi Digelar

0
89
Kegiatan Forum Perangkap Daerah Provinsi Maluku Utara

SOFIFI, PilarMalut.id – Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Kegiatan Forum Perangkap Daerah guna menyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) pemprov Malut tahun 2020 dengan mengusung tema “Pembangunan SDM, Infrastruktur Wilayah dan Pengembangan Ekonomi Menuju Penciptaan Daya Saing”.

Kegiatan forum perangkap daerah tersebut diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup pemprov Malut dan Bappeda/Bappelitbangda Kabupaten/Kota se-Provinsi Maluku Utara yang dilaksanakan di aula Nuku kantor Gubernur Maluku Utara, Senin (08/04/2019).

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten III Setda Provinsi Malut, Salmin Janidi mengatakan, forum perangkat Daerah Provinsi yang di selenggarakan ini hendaknya dijadikan wadah bersama, antara pelaku pembangunan tingkat Provinsi untuk menentukan, mensinkronisasikan dan mensinegritaskan, kegiatan pembangunan.

“Serta hasil musrembang Kabupaten Kota dengan rencana kerja perangkat daerah provinsi untuk selanjunya menjadi bagian dari perencanaaan kerja pemprov malut Tahun 2020 yang akan dibahas dan difinalisasi pada musrembang 2019,” katanya

Menurutnya, membangun dan menetapkan infrastruktur dasar dan konektifitas wilayah, meningkatkan indeks pembangunan manusia atau IPM, maupun meningkatkan pertumbuhan ekonimi regional pada pembangunan daerah di tahun 2020 harus fokus, terintegrasi dan konsisten.

“Ihtiar dan kerja keras harus ditingkatkan, sehingga rencana pembangunan 5 tahun yang tertuang pada RPJMD dapat di laksanakan dan diselesaikan dengan baik. Semua kinerja pembangunan yang belum dicapai harus di evaluasi dan menjadi catatan penting untuk daoat dilanjutkan pada masa yang akan datang,” ujarnya

Ia berharap, forum ini melahirkan kesamaan pendangan dan persepsi menentukan langkah kedepadan kemajuan daerah, kepada perangkap lingkup pemprov untuk lebih intensif berkordinasi dengan perangkap daerah Kabupaten Kota dalam membangun perencanaan secara sinergis dan harmonis. “kepada pemerintah kabupaten kota untuk berkordinasi dengan seluruh jajarannya untuk mesinerjikan pembangunan tingkat provinsi di kabupaten kota, kepada peserta forum perangkat daerah ini agar lebih aktif, fokus dan serius dalam merumuskan rancana kerja agar menjadi lebih baik,” harapnya

Sementara, Kepala Bappeda Malut, Samsuddin Banyo dalam laporan panitianya mengatakan, penyelenggaraan perencanaan pembanguan di daerah, telah di amatkan dalam UU 25 tahun 2004 tentang sistem perancanaan pembangunan Nasional serta UU 23 tahun 2014 dan peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 terkait tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

“Setelah acara pembukaan kegiatan forum perangkap daerah ini akan dilanjutkan dengan pembahasan dalam sidang-sidang kelompok berdasarkan 4 prioritas RKPD tahun 2020 yakni Prioritas Pembangunan Sumber Daya Manusia, Pembangunan ekonomi berdaya saing, Infrastruktur dan konektivitas wilayah, serta Prioritas Peningkatan tata kelola pemerintahan,” tandasnya

Ia menambahkan, hasil pembahasan kelompok yang direncanakan selama 2 hari tersebut berupa program dan kegiatan Prioritas Perangkat Daerah, indikator kinerja, serta sinkronisasi lokasi program dan kegiatan Perangkat Daerah provinsi di Kabupaten/Kota. “Hasil kesepakantan dalam sidang kelompok tersebut akan dituangkan dalam berita acara kesepakatan Forum Perangkat Daerah yang akan dibacakan dan disetujui Bersama pada saat penutupan kegiatan ini,” tutupnya. (*/Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here