Penyelundupan BBM di Taliabu Capai 30 Ribu Liter

0
202

TALIABU, PilarMalut.id – Kurang lebih dari 30 ribu liter bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar bersubsidi milik Agen Premium Minyal Solar (APMS) atau CV. Taliabu Indonesia Mandiri, diselundupkan ke pengecer. Minyak subsidi tersebut kemudian di jual ke masyarakat dengan harga Rp 10 ribu perliter atau diluar dari harga Subsidi.

Kondisi tersebut telah membuat harga BBM khususnya Premium‎ dan Solar subsidi di Taliabu, menjadi lebih mahal dari ketetapan pemerintah. Padahal, keberadaan APMS demi menjaga harga BBM tetap normal di masyarakat.

BBM subsidi yang diperuntukkan kepada masyarakat untuk premium dengan harga Rp 6.450 per liter dan Solar subsidi Rp 5.150 per liter.

Dalam surat pengantar pengiriman atau “DO” yang ditunjukan langsung Kapten Kapal KM Andre Permai Samsudin, kepada awak media, Kamis (05/04/2018), setiap di suplay ke CV. Taliabu Indonesia Mandiri, tujuan SPBU 87.97714, Desa Bobong, Kecamtan Taliabu Barat. Namun anehnya, BBM jenis premium dan Solar bersubsidi disuplay tidak sesuai mekanisme yang telah diatur dalam perundang-undanan. Sebab, sebagian besar langsung di ambil di atas pelabuhan Talo, Kecamtan Taliabu Barat, oleh pengecer dengan menggunakan “Pick UP” mobil diluar APMS.

Menurut Samsudin, pembongkaran menggunakan mobil milik perusahan CV Taliabu Indonesia Mandiri ke tempat penampungan APMS hanya 5000 Liter, sedangkan 30.000 Liter diambil langsung pengecer dengan menggunakan mobil diluar APMS.

“Yang ke SPBU (APMS) 5 ton, sisanya masuk di pengecer yakni masing-masing Jamal, Abidin, Wanto, Mama said, Nahra, atas perintah Agogo atau Haris selaku pengawas APMS,” bebernya.

Sementara itu, Haris disapa Agogo, Pengawas APMS CV. Taliabu Indonesia Mandiri saat ditemui awak media di kediaman Direktur CV. Taliabu Indonesia Mandiri, Muhaimin Syarif mengatakan, tidak mengetahui penyaluran BBM karena bukan jalurnya, “Saya hanya mengawasi minyak di APMS, bikin laporan jadi itu saja,” imbuhnya.

Baca JugaPohon Sagu Gelapkan Dua Kecamatan di Taliabu

Dia juga mengakui, mekanisme penyaluran BBM Jenis Premium dan Solar sebelumya ke APMS lebih dulu. “Sebenarnya harus bagitu, terkait hal itu saya dipanggil pihak polisi tadi untuk menyuplai sesuai dengan mekanisme,” akuinya.

Pendistribusian BBM bersubsidi ke CV Taliabu Indonesia Mandiri melalui KM Adre Permai, sesuai dengan Surat Pengantar Pengiriman (SPP) atau “DO” yang tunjukan Kapten Kapal, Samsudin, Kamis 5 April 2018 lalu terbagi atas Premium, Solar, dan Minyak Tanah. Dimana Solar 15.000 liter, Premium 20.000 liter, dan minyak tanah 10.000 liter. (Jos)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here