Pemda Halbar Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

0
62
Pemerinta Kabupaten Halmahera Barat, Menggelar Upacara Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

JAILOLO, PilarMalut.id – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), mengelar upacara peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Depan Kantor Bupati, Senin (17/06/2019). Bertindak selaku inspektur Upacara, Sekda Halbar Syahril Abd Rajak mewakili Bupati Halbar, membacakan sambutan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Dalam sambutan tertulis Syahril mengatakan, peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun ini ditandai dengan peringatan dari World Health Organization (WHO), tentang salah satu ancaman terbesar terhadap kesehatan manusia yaitu Polusi Udara, karena setiap tahun ada 7 juta orang meninggal karena polusi  udara di seluruh dunia.

“Tercatat 9 dari 10 orang terpapar pencemaran udara yang berasal dari kendaraan bermotor, industri, pertanian dan pembakaran sampah” ujarnya.

Menurutnya, United Nation Environment (UNE) mengangkat, kita juga memahami polusi udara akibat kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kerugian sangat besar pada tahun 2015, telah  berhasil di atasi dengan segala kebijakan dan implementasi berbagai upaya, termasuk langkah patroli terpadu pada tingkat tapak  dari manggala agni.

“Manggala agni melakukan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar lokasi   rawan karhutla dan juga melakukan koordinasi dengan dinas terkait di daerah.”katanya.

Begitu pun pemecahan masalah kebakaran hutan dan lahan yang menyentuh pada akar permasalahan dilakukan dengan penataan pengelolaan ekosistem gambut, seluas 24, 14 juta hektar yang terdapat di dalamnya sejumlah 865 unit kesatuan hidrologis gambut, telah berhasil dijadikan landasan untuk perbaikan pengelolaan ekosistem gambut dan pemulihan kerusakan ekosistem gambut di areal usaha (konsesi) telah dilakukan seluas 3, 111 juta hektar.

“Pemulihan di lahan masyarakat dilakukan melalui program kemandirian masyarakat mencapai 8.382 hektar pada tahun 2018,”ucapnya.

Usai membaca sambutan, Sekda juga mnyampaika kepada seluruh pejabat eselon III untuk dapat menyampaikan Laporan harta kekayaan (LHK) penyelenggara negara ke inspektorat. Upacara di akhiri dengan penanaman 1000 pohon secara simbolis, yang dilakukan Sekda dan Pimpinan SKPD. (Adi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here