Pembangunan RTLH 2019 di Morotai Sudah Capai 80 Persen

0
54
Kadis Perkim Pulau Morotai, Saiful Arifin

MOROTAI, PilarMalut.id – Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahun anggaran 2019 yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) yang tersebar di berbagai desa yang berada di Kabupaten Pulau Morotai, progresnya sudah mencapai 70 hingga 80 persen.

“Terkait realisasi anggaran RTLH untuk dana DAK itu sudah 70 persen, sementara fisik dilapangan berfariasi, ada yang sudah 80 persen, ada juga yang masi di bawa 80 persen. Untuk DAK perunit Rp. 20,2 juta, di dalamnya ada upah tukang sebesar Rp. 2,5 juta, jadi total yang diterima oleh penerima dalam bentuk bahan itu Rp. 17,7 juta,” kata Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Kadisperkim) Pulau Morotai, Saiful Arifin, disaat di konfirmasi PilarMalut.id diruang kerjanya, Senin (18/11/2019).

Sementara kata dia, realisasi dana RTLH yang bersumber dari DAU masih dalam proses pelaksanaan. “Untuk DAU terbagi atas dua kategori, jadi ada peningkatan dan pembangunan baru. Kalau peningkatan per unit Rp 15 juta, kalau pembangunan baru Rp. 30 juta,” ujarnya.

Ia mengaku, total penerima bantuan itu sebanyak 144 per kepala keluarga yang bersumber dari DAU 75 unit, 50 untuk Peningkatan dan 25 untuk Pembangunan dan sisanya dari dana DAK.

Disentil sudah masuk pada akhir tahun 2019, namun pekerjaannya belum 100 persen baim dana yang bersumber dari DAK dan DAU, ia mengaku dalam pekerjaan terdapat beberapa kendala sehingga pekerjaan belum 100 persen. “Material lokal itu yang bikin lambat, kalau untuk material pabrikan (toko) itu tidak masalah,”ujarnya.

Saiful menambahkan, dirinya selalu monitor di Desa-desa yang penerima bantuan untuk mengecek progres pekerjaan dan kendala-kendalanya. “Kita juga sudah turun disemua penerima bantuan di 4 Desa, Desa Sabala, Mandiri, Momijiu, Joubela, dan sekaligus kita melakukakn verifikasi seluruh material yang sudah di terima oleh penerima bantuan. Jadi belum ada yang belum terima atau kekurangan maka itu yang di tindak lanjut kekurangannya,” imbuhnya. (Zan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here