Pekan Ini, Tim Hukum AGK-YA Daftar Gugatan Dugaan Kecurangan AHM-RIVAI ke MK

1
2973
Juru Bicara AGK-YA, Dino Umahuk

TERNATE, PilarMalut.id – Tim hukum pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba-Al Yasin Ali (AGK-YA), pastikan akan mendaftarkan gugatan ke Mahkama Konstitusi (MK) pada Selasa (10/07/2018) pekan ini.

Langkah tim hukum AGK-YA ajukan gugatan ke MK lantaran terindikasi kuat paslon Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar (AHM-Rivai), melakukan kecurangan dan pelanggaran pemilu saat pencoblosan pada 27 Juni lalu di tiga wilayah yakni Kabupaten Kepulauan Sula, Kabupaten Pulau Taliabu dan Kabupaten Pulau Morotai.

Juru bicara paslon AGK-YA, Dino Umahuk, kepada PilarMalut.id, Minggu (08/07/2018) mengatakan, saat ini tim hukum AGK-YA sedang malakukan tela’ah terhadap ketentuan gugatan ke MK. “Sekarang tim hukum kami sedang bekerja malakukan telaah dan itu dipastikan kami tetap daftarkan gugatan ke MK,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam gugatan yang diajukan ke MK berupa dugaan kecurangan dan pelanggaran pemilu di tiga kabupaten saat proses pencoblosan. “Kami sudah kantongi data kecurangan dan pelanggaran pemilu, sehingga data yang sudah ada akan menjadi dasar gugatan,” ujarnya.

Baca JugaKPU dan BAWASLU Diduga ‘Halalkan’ Kecurangan, Tim AGK-YA Gugat ke MK

Selain itu kata dino, tim AGK-YA ajukan gugatan karena hasil pleno KPU yang menangkan paslon AHM-Rivai hanya terjadi selisih 1,41 persen dengan paslon AGK-YA. ”Yang pasti kami tidak diam dan tetap ajukan gugatan ke MK,” imbuhnya.

Dino menambahkan, pihaknya berharap kepada seluruh pendukung dan simpatisan AGK-YA dan seluruh masyarakat Maluku Utara tetap bersabar dan tidak terprovokasi dengan isu-isu negatif.

Sementara, juru bicara paslon AHM-Rivai, Sawaludin Damopoli, saat dikonfirmasi malam ini via WatshApp, belum bersedia memberikan keterangan. “Saya masih rapat,” singkatnya. (tim).

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here