PBB Minta Bawaslu Tindak Lanjut Dugaan Pelanggaran di Kususinopa

0
25
Ketua Tim Pemenangan PBB Kota Tidore Kepulauan Baharudin Simore

TIDORE, PilarMalut.id –  Ketua Tim pemenangan Partai Bulan Bintang mempertanyakan Sejumlah masalah yang terjadi di TPS 1 dan 3 desa Kususinopa kecamatan oba kota tidore kepulauan, yakni di sejumlah pemilih yang di dampingi Tidak mengisi pendampingan (Formulir C3) yang di siapkan oleh KPU.

Ketua Tim Pemenangan PBB Kota Tidore Baharudin Simore kepada awak media srabu (24/04/2019) mengatakan, pihaknya menemukan dugaan pelanggaran pendampingan sejumlah pemilih yang tidak mengisi formulir C3 dan hal itu merupakan pelanggaran Azaz bebas dan rahasia dalam Demokrasi pada tanggal 17 April lalu.

“Pelanggaran yang kami temukan di lapangan yakni di TPS 1 yang melakukan pendampingan kepada pemilih itu lebih dari 10 orang tanpa menandatangani Form C3 pendamping, hal itu juga terjadi di TPS 3 kususinopa” katanya.

Bahkan lanjut Baharudin, sebelumnya sudah terjadi intimidasi di luar TPS, untuk memilih salah satu caleg dari partai tertentu dan memenangkan caleg tertentu, bukanya hanya itu, untuk imtimidasi tersebut bahkan sampai ke lingkungan TPS.

“Sesuai aturan hanya di sabilitas dan lansia yang bisa di dampingi namun yang terjadi di TPS 1 dan 3 desa Kususinopa yang di dampingi malah mahasiswa dan Pemuda yang ingin mencoblos, sehinggi menurut kami ini adalah sebuah pelanggaran berat” jelasnya.

Ia menuturkan, pihaknya sudah memasukkan surat pengaduan ke bawaslu kota tidore kepulauan, dan kami minta kepada bawaslu agar segera menanggapi hal tersebut dengan serius demi tegaknya demokrasi yang jujur, bebas, rahasia dan adil. sebab pendampingan yang di lakukan salah satu petugas, hansip dan sekdes sangat mencederai nilai demokrasi pada Tanggal 17 April lalu.

“Olehnya itu kami mintakan kepada bawaslu kota tidore kepulauan agar melakukan PSU di tempat itu,” tutupnya. (Oi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here