Pawai Kirab Budaya Pembuka Acara Hut Halbar ke-17

0
259

JAILOLO, PilarMalut.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) sukses memperingati HUT Kabupaten Halbar ke-17 tahun. Perayaan HUT yang diawali dengan pelaksanaan Kirab Budaya, masyarakat di semua Kecamatan hadir mengenakan pakaian adat masing-masing dan melakukan pawai yang dipimpin langsung Bupati Halbar Danny Missy.

Pawai Kirab Budaya dimulai sekitar pukul 08.30 wit dengan peserta Kirab Budaya diantaranya, Bupati Danny Missy, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Syahril Abduradjak, Unsur Forkompimda, pimpinan SKPD, serta ratusan masyarakat yang hadir dari berbagai suku yang mengenakan pakaian adat masing masing.

Pawai Kirab Budaya yang dimulai dari depan kantor Bupati, kemudian peserta Kirab Budaya menuju kantor DPRD dengan cara berjalan kaki, setelah tiba di tantor DPRD, perangkat adat, Tokoh agama Muslim dan para Pendeta se-Halbar melakukan baca doa bersama di gedung DPRD.

Setelah baca doa bersama dilanjutkan dengan Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Halbar ke-17 tahun.

”Hari jadi adalah tonggak sejarah yang berperan sebagai rujukan dalam memacu semangat membangun daerah. Implikasinya akan sangat besar dalam rangka mengisi pembangunan dalam skala nasional,” kata Bupati Danny Missy saat membacakan pidato pada sidang istimewa yang di gelar di gedung DPRD, Selasa (25/02/2020).

Menurutnya, kedudukan daerah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari negara kesatuan republik indonesia, maka sudah menjadi keharusan, untuk menyelaraskan kedudukan hari jadi dengan semangat nasionalisme guna memperkuat kecintaan kepada negara dan bangsa.

”Setiap pemimpin dan pemerintahan punya masa-nya untuk berbakti dan berbuat dengan bekerja keras dan bertekad membangun daerah tercinta ini kearah yang lebih baik, demi kesejahteraan masyarakat halbar yang berkeadilan,”katanya.

Politisi PDI-Perjuangan Halbar ini menuturkan, tugas generasi saat ini dan akan datang melanjutkan estafet perjuangan tersebut agar karya bakti semua generasi bermanfaat bagi kepentingan masyarakat. Dalam mencapai output yang lebih baik, tentu harus senantiasa bersama-sama dan bekerja keras, berat sama di-pikul, ringan sama di-jinjing, sehingga dapat mensukseskan pembangunan di halbar yang dicintai.

”Dengan modal kebersamaan dan kerja keras-lah kita akan dapat meraih cita-cita kita, mewujudkan kabupaten halbar yang cerdas, religius, berbudaya, sehat sejahtera, yang bermoral dan berintegritas,” pungkasnya.

Sementara Ketua DPRD Halbar Carles R. Gustan menyampaikan, makna dari perayaan HUT Kabupaten untuk merefleksikan kembali apa yang telah dilakukan dan apa yang belum dilakukan, untuk itu, semua stakeholder yang berkepentingan untuk membangun daerah ini kedepan lebih baik, maka harus menyatukan langkah demi masa depan dan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik lagi.

”Semua stakeholder untuk merefleksi kembali tentang apa saja yang telah dicapai selama ini, kemudian merefleksi sebuah tindakan apa yang dilakukan untuk menuju kesejahteraan,”cetusnya.

Dalam proses pengambilan kebijakan, kata Charles, tentunya ada perbedaan prespektif antara pemda dan masyarakat, namun perbedaan presepsi harus dijadikan sebuah semangat untuk membangun daerah dengan desain yang matang.

”Ini saatnya Pemkab lebih fokus melakukan perbaikan dan penataan di semua sector, sehingga semua kebijakan bisa berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (Adi/Adv).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here