Pasien Positif Covid-19 di Ternate Bertambah 9 Orang, Malut Jadi 50 Kasus

0
335
dr.Alwia Assagaf didampingi Mulyadi Tutupoho saat konfrensi pers di Posko Media Center Gugus Tugas Covid-19 Maluku Utara.

TERNATE, pilarmalut.id – Kasus pasien positif Corona Virus (Covid-19) di Provinsi Maluku Utara terus mengalami peningkatan. Sebelumnya, Malut tercatat pasien positif berjumlah 41 orang, kini terjadi peningkatan mencapai 50 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Malut, dr. Alwia Assagaf, didampingi Koordinator Bidang Kehumasan Mulyadi Tutupoho, dalam konferensi pers di Posko Media Center Covid-19, di Hotel Sahid Bela, Kamis (03/05/2020) mengatakan, pihaknya telah menerima hasil laboratorium dari Balai Besar Laboratorium  Kesehatan (BBLK) Makassar yang sebelumnya dikirim sebanyak 16 spesimen terdiri dari 15 spesimen baru dan 1 spesimen follow Up hasil pengobatan.

Dari 15 spesimen baru kata Alwia, tercatat terkonfirmasi positif berjumlah 9 orang dan negatif 6 orang. “Untuk kasus positif kali ini pasien berasal dari Kota Ternate, sehingga jumlah positif di Maluku Utara sebanyak 50 orang. Kasus baru ini disebut sebagai kasus 42 hingga 50,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, Jumlah Orang Tampa Gejalah (OTG) terjadi penambahan sebanyak 5 orang lantaran dari hasil tracking kontak pasien positif sebelumnya, kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) belum terjadi penambahan maupun pengurangan masih dengan jumlah 178, sedangkan kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terjadi pengurangan sebanyak 3 orang karena 1 orang selesai masa pangawasan dan 2 orang terkonfirmasi positif.

“Untuk pemeriksaan Rapid Test sampai hari ini, terlaksana pemeriksaan kepada 2105 orang dan ditemukan reaktif sebanyak 117 orang diantaranya 56 OTG, 7 ODP, 5 PDP dan pelaku perjalanan dari daerh terjangkit sebanyak 19 orang. Sedangkan 1988 orang dengan hasil Rapid Test non reaktif,” tuturnya.

Alwia menambahkan, pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Chasan Boesoirie ternate sebanyak 10 orang termasuk 1 dari Demak, 1 orang kasus ODP, 3 kasus PD. “Yang menjalani karantina di Hotel Sahid Bela sebanyak 51 orang diantaranya pasien positif 23 orang, 18 OTG, 5 ODP dan 4 pelaku perjalanan,” imbuhnya.(div).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here