Pandemi Covid-19, PKB Malut Minta Keselamatan Penyelenggara Diutamakan

0
30
Sekertaris PKB Malut, Abdul Malik Sillia

TERNATE, pilarmalut.id – Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Maluku Utara, Abdul Malik Sillia, meminta Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara memperhatikan jajarannya di 8 kabupaten dan kota yang akan melaksanakan pilkada ditengah pandemi Corona Virus (Covid-19), dengan menerapkan protocol Kesehatan.

“Bawaslu dan KPU Maluku Utara harus pastikan penyelenggaran menerapkan protocol kesehatan, melengkapi Alat Pelindung Diri (APD) untuk teman-teman penyelenggara yang langsung berhadapan dengan masyarakat,” kata Sekretaris DPW PKB Malut, Abdul Malik Sillia saat melakukan metting zoom yang dilaksanakan Bawaslu Provinsi Malut, Senin (27/06/2020).

Pilkada dilangsungkan pada masa pandemic kata Malik, keselamatan penyelenggara pilkada dan masyarakat harus menjadi prioritas bagi para pemangku kebijakan.

“Upaya untuk meraih keselamatan itu tidak dapat dicapai bila langkah-langkah strategis pemerintah cenderung terburu-buru dalam menghadapi musibah ini,” ujarnya.

Ia menuturkan, Setiap langkah yang diambil harus cermat, teliti dan matang guna meminimalisir hal buruk terjadi. “Langkah staregis itu bisa dimulai dengan koordinasi antar KPU, Bawaslu, pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan atau pihak Gugus Tugas, untuk mengetahui fakta dan data real dari peta persebaran Covid-19,” terangnya.

Sehingga lanjut Malik yang juga anggota DPRD Malut ini, dari data real tersebut dapat diperkirakan keselamatan penyelengara dan warga yang sangat penting dari segala-galanya. (Div).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here