Oknum Polisi Penipu Uang Casis Rp 200 Juta Diproses Pidana

0
250
Kabid Propam Polda Malut, AKBP Susanto

TERNATE, PilarMalut.id – Bidang profesi dan pengamanan (Propam) Polda Maluku Utara telah melakukan penyilidikan untuk di proses secara pidana kepada oknum perwira berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) berinisial EL.

Oknum perwira ini terseret dugaan kasus penggelapan uang calon siswa (Casis) anggota Polri Tahun 2018 dan 2019 senilai 200 juta. Salain masalah casis, oknum perwira yang awalnya bertugas di Mapolres Tobelo Halmahera Utara dan kini telah bertugas di Ditrektorat Bina Masyarkat (Ditbinmas) Polda Malut juga terserat masalah dugaan penipuan penjualan mobil Tahun 2017.

Kepala Bidang Propam Polda Malut AKBP Susanto kepada awak media selasa (26/11/2019) mengatakan, untuk masalah casis itu oknum perwira tersebut telah menjalani sidang kode etik dengan ancaman hukuman bersifat demosi selama dua tahun. Kendati demikian proses pidananya tetap berjalan.

“Sementara masalah mobil itu ditangani Satreskrim Polres Tobelo, silahkan teman-teman media konfirmasi kesitu” katanya.

Untuk dugaan Kasus suap lanjut Susanto, preses pidannya sementara berjalan dan bukan hanya oknum perwira saja tetapi juga orang tua casis, karena yang melanggar hukum yakni pemberi dan penerima.

“Karena delik kasusnya berada di Tobelo. Korban dalam kasus ini hanya satu orang dengan nilai uang kemarin kalau tidak salah ditaksir 200 juta. Jadi pemberi maupun penerima dua-duanya kena pidananya,” tuturnya. (Ay).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here