Oknum Anggota Polres Halut Ancam Wartawan

0
186
Ilustrasi

TOBELO, PilarMalut.id – Perilaku tak terpuji dipertontonkan salah satu oknum anggota Sat Intel Polres Halut terhadap dua wartawan cetak dan Online yang melakukan peliputan kegiatan Musrembang Perubahan RPJMD Pemkab Halut.

Oknum anggota polisi diketahui bernama Herby Oktorino Kalidu alias Rino, mengancam kepada dua orang wartawan yakni Ronal dan Agus. Rino yang merupakan anggota Polres Halut tersebut mengancam wartawan lantaran wartawan mempublikasikan berita terkait kasus pemukulan yang diduga melibatkan dirinya.

“Kalian (watawan) sudah tulis berita tentang saya jadi nanti lihat saja, karena sekarang saya juga sudah dilapangan. Berani kalian ada salah saya hajar kalian,” kata Rino kepada wartawan yang saat itu melakukan peliputan kegiatan Musrembang Perubahan RPJMD Pemkab Halut, di gedung poligrand, Selasa (12/02/2019).

Ancaman oknum anggota polisi tersebut terhadap wartawan, mendapat kecaman dari Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Halmahera Utara, Rachaman Baba. Bahkan, Rachman menyesalkan sikap oknum anggota polisi menyampaikan pernyataan bernada ancaman tesebut.

“Apapun dalihnya, mengancam wartawan tetap melanggar undang-undang pers,” ujarnya.

Menurutnya, seharusnya oknum polisi yang merasa dirugikan atas pemberitaan dapat menyampaikan klarifikasi ataupun hak jawab terkait pemberitaan tersebut, bukan dengan cara-cara mengancam wartawan.

“Kami atas nama PWI Halut menyesalkan adanya kasus ini, jika oknum anggota polisi merasa dirugikan karena berita yang dibuat silakan klarifikasi, bukan dengan cara mengancam terhadap wartawan,” tuturnya. (AA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here