Muksin: Kejadian di Kawalo Bagian Dari Money Politic

0
409
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Maluku Utara, Muksin Amri

TERNATE, PilarMalut.id – Kasus dugaan Money Politic atau politik uang yang dilakukan salah satu tim AGK-YA di desa Kawalo yang saat ini proses oleh Panwaslu Kabupaten Taliabu, dengan cara Saro pada saat penjemputan calon AGK-YA itu berupakan bagian dugaan money politik. Hal ini disampaikan langsung Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Maluku Utara, Muksin Amri pada wartawan diruang kerjanya, Senin (26/03/2018)

Muksin mengaku, kejadian di Desa Kawalo, Bawaslu tetap menganggap perbuatan saro (sawer) itu merupakan fakta money politic, pasalnya tindakan tim pemenang Abdul Gani Kasuba-M Al Yasin Ali (AGK-YA), terlihat membagi-bagikan uang dalam wilayah kampanye,  meski tim kuasa hukum AGK-YA beranggapan lain. “Bayangkan saja jika semua kegiatan sawer dianggap bagian dari suatu kebiasaan adat yang harus dituruti, lalu semua calon kandidat melakukan hal yang sama, bakal hancur pemilihan umum nanti,” ungkap muksin.

Baca JugaKasus Dugaan Money Politik di Taliabu Bakal Dilimpahkan ke Gakkumdu

Meski demikan, hal ini tidak berdampak pada kandidat yang bertarung, sebab dugaan Money Politik yang dilakukan itu baru terbukti pada satu titik kampanye saja. “Jika terjadi perbuatan money politic pada 5 wilayah kampanye lainnya, itu baru akan berdampak buruk pada kandidat tersebut,” ungkapnya.

Muksin menambahkan, Tim Gakkumdu Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Taliabu, tetap intens memproses dan akan mendorong kasus tersebut sampai ke tahap penyidikan. “Nanti yang bersangkutan jika terbukti akan dikenai sanksi pidana,” tegasnya. (Fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here