Libur dan Jam Kerja PNS di bulan Ramadhan Berkurang

0
387
Kepala Badan Kepegawaian dan Sumberdaya Manusia, Kota Tidore, Sura Husain

TIDORE, PilarMalut.id – Tidak ada cuti bersama awal bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup kota Tidore Kepulauan, sehingga pemerintah Kota Tidore Kepulauan hanya bisa mematok sesuai dengan edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi dengan Nomor: 335/M.KT.02/2018 tentang Penetapan Jam Kerja ASN, TNI dan POLRI pada bulan Ramadhan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sura Husain mengatakan, bulan suci Ramadhan kali ini tidak libur atau cuti bersama, namun pada saat pemerintah pusat melalui Kementrian agama menetapkan puasa pada saat esok hari atau lusa pada hari Kamis (17/05/2018), maka hanya hari pertama bulan Ramadhan libur bersama, namun hari Jumat sudah kerja kembali.

“Untuk libur Ramadhan Fakultatif itu artinya libur disesuaikan dengan keadaan pada saat sidang isbat, namun jika puasa jatuh pada tanggal 17 berarti libur pada tanggal 17 itu, maksud libur fakultatif hari puasa pertama ini adalah puasa yang pengumuman resmi dari pemerintah bukan dari organisasi yang lain,” katanya.

Ia menambahkan, jam kerja di bulan Ramadhan kemudian libur-libur yang lain itu disesuaikan dengan surat edaran Menpan, baik libur nasional maupun cuti bersama itu di akhir pada bulan Ramadan, ada libur nasional dan cuti bersama secara total itu kurang lebih 10 hari untuk idul Fitri.

Baca JugaPolres Surabaya di Bom, Polres Ternate Dijaga Ketat

“Jika 6 hari kerja, itu mulai jam 08.00 WIT pagi sampai jam 13.00 WIT khusus untuk sekolah dan para tenaga medis kesehatan, kalau lima hari kerja itu jam 08.00 WIT sampai jam 15.00 WIT untuk perkantoran, kemudian istirahatnya mulai Jam 11.30 WIT sampai jam 13.00 WIT atau setengah jam” tandasnya. (Oi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here