KPU Malut Siap Hadapi Gugatan Tim AGK-YA di MK

0
1828
Divisi Hukum, Penanganan dan Hubungan antar lembaga KPU Malut, H. Buchari Mahcmud

TERNATE, PilarMalut.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara, siap menghadapi gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK), yang diajukan tim hukum Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut), Abdul Ghani Kasuba-Al Yasin Ali (AGK-YA) terkait dengan perselisihan suara.

Divisi Hukum, Penanganan dan Hubungan antar lembaga KPU Malut, H. Buchari Mahcmud, saat ditemui PilarMalut.id di ruang kerjanya menyatakan, prinsipnya KPU Malut sudah siap ke MK, sesuai Peraturan Mahkamah Konstitusi (PMK) nomor 7 tahun 2015, tentang tahapan, kegiatan dan jadwal penanganan perkara perselisihan hasil pemilihan Gubernur, Walikota dan Bupati.

“Jadi nanti seluruh permohonan ke MK itu diregistrasi dulu pada tanggal 23 sampai 25 Juli. Kemudian nanti setelah diregistrasi kita baru akan diundang MK dalam bentuk surat panggilan, karena status kita sebagai termohon yang akan menghadiri persidangan paling lambat itu 3 hari setelah registrasi,” imbuhnya.

Setelah registrasi kata dia, kemudian tahapan sidang selanjutnya. “Karena nanti dalam persidangan di MK itu ada tiga tahap, dan penentuan untuk tetap melanjutkan sengketa atau tidak itu ada pada tahapan sidang ke tiga yaitu sidang Dismissal,” ujarnya.

Ia menegaskan, KPU Malut sudah siap menghadapi gugatan. “Saat ini kami sudah ancang-ancang untuk mengumpulkan bukti-bukti yang nanti akan dibawah ke MK,” tuturnya. (Fir).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here