KPU Halut Tuntas Pleno Hasil PSU 6 Desa

0
3336

TOBELO, PilarMalut.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), melakukan rapat pleno rekapitulasi hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 6 Desa, Kecamatan Kao Teluk, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara tahun 2019.

Desa yang masuk dalam pelaksanaan PSU yakni Pasir Putih, Desa Bobeneigo, Desa Tetewang, Desa Akelamo Kao, Desa Akesahu, Desa Dum-Dum. Pleno yang dilaksanakan di ruang Aula Hotel Kita, Jumat (19/10/2018), berlangsung aman dipimpin Ketua KPU Halut Muhlis Kharie serta anggota KPU Halut Ikbal Lotti, Bagus, Mustahid Kolono, Rusmin dan di saksikan langsung Ketua Bawaslu Halut, Rafli Kamaluddin, anggota Iksan Hamiru, Ahmad Idris.

Hadir dalam pelno tersebut Ketua PPK Kecamatan Kao Teluk, Muhlis Ternate, anggota Muhrim Assagaf, Arafat Zulkarnaim serta saksi paslon yakni paslon nomor urut 1 AHM-Rivai, Azis Fadel, Saksi Paslon nomor urut 2 Bur-Jadi tidak hadir, saksi paslon nomor urut 3 AGK-YA, Yulijens Tuyu dan saksi paslon no urut 4 MK-MAJU, Iksan Tomadehe.

Sebelum pembacaan hasil PSU, Ketua KPU Halut Muhlis Kharie mengatakan, pada saat pelaksanaan pencoblosan terdapat sedikit masalah berupa beberapa calon pemilih yang tidak diterima KPPS untuk memilih, karena tidak memiliki dokumen (KTP/KK/Suket) yang sah dan adapun beberapa yang membawa KTP/KK ditemukan dokumen tersebut diduga bermasalah, karena tidak sesuai dengan dokumen yang dikeluarkan Dukcapil.

Ia menuturkan, paslon nomor urut 1 AHM-Rivai sebanyak 1056 suara, nomor urut 2 Bur-Jadi sebanyak 13 suara, nomor urut 3 AGK-YA memperoleh 576 suara dan nomor urut 4 MK-MAJU memperoleh 3 suara. Suara sah sebanyak 1648 suara dan suara tidak sah 9 suara. Total Suara Sah ditambah suara Tidak Sah menjadi 1657 Suara.

“total DPT 2070 dan TPS di 6 desa 11 TPS, pemilih menggunakan KTP saat pencoblosan berjumlah 113 orang di tambah dengan DPT 2070 menjadi 2.203,” ujarnya.

Namun kata dia, dari jumlah DPT 2.070 KPU hanya menyiapkan C6 berjumlah 1053. “Pemilih hadir menggunakan hak pilih sebanyak 1.524 dari total 2070, sementara yang menggunakan KTP sebanyak 133 semuanya hadir, Total pemilih yang berada di 11 TPS di 6 Desa itu berjumlah 1.657 yang hadir untuk memberikan suara. Jadi surat suara yang di gunakan sudah sesuai dengan jumlah pemilih yakni 1.657 dan hasil perolehannya baik suara sah maupun tidak sah berjumlah 1.657 jadi tidak ada selisih,” imbuhnya.

Muhlis menuturkan, hasil perolehan yang terpampan di plano C1 hologram kemudian tertulis dalam dokumen form C1 hologram saat pleno di tingkat Kecamatan Kao Teluk tidak terdapat pergeseran angka-angka.

“Kita hanya melakukan rekapan berdasarkan hasil pleno di tingkat kecamatan dan tidak ada satupun angka yang dipersilisikan, dan saksi pun tidak keberatan mengenai dengan hasil-hasil perolehan yang berlangsung pada tanggal 17 kemarin,” tuturnya.

Setelah pleno rekapitulasi di tingkat Kabupaten, KPU Halut langsung serahkan ke KPU provinsi, karena rencanya pada, Sabtu (20/10/2018) akan dilaksanakan pleno di tingkat Provinsi. “jadi kita hari ini usahakan kotak suara harus sudah sampai ke ternate, karena rencanya besok KPU Provinsi akan melakukan Pleno,” tutupnya. (AA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here