KPU Halbar Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten

0
98

JAILOLO, PilarMalut.id – Komisi Pemelihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menggelar rapat peleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019, yang dipusatkan di Aula kantor KPU Halbar, Rabu (01/05/2019).

Rapat Pleno tersebut dihadiri Ketua KPU Abjan Raja, didampingi 4 komisioner KPU Halbar Devisi Hukum Ramla Hasyim, Devisi Tekhnis Irwan Kader, Devisi SDM Abner Saban dan Sekertaris KPU Halbar Rusdi Yamin, serta unsur pimpinan Bawaslu Halbar Ketua Alwi Ahmad, Kordiv HPP Aknosius Datang, Kordiv PHL Muhammadun Hi Adam, peserta saksi Parpol, saksi Presiden dan wakil Presiden, saksi DPR-RI, saksi DPD, saksi DPRD Provinsi, saksi Kabupaten, Kadis Dukcapil Andy R Pilly, Mewakili Kapolres Halbar Kasat Intel AKP Hendrik dan Tamu Undangan.

Sambutan Ketua KPU Halbar Abjan Raja yang dibacakan Devisi SDM KPU Halbar Abner Saban mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada para panitia penyelenggara pemilu atas kerja kerasnya mensukseskan tahapan pemilu, baik tingkat TPS, Desa hingga kecamatan, serta memohon dukungan dan do’anya untuk para petugas panitia pemilu diseluruh Indonesia, khususnya yang telah meninggal saat menjalankan tugas.

“Disampaikan bahwa pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Halbar dari pemungutan sampai dengan rekapitulasi tingkat kecamatan berjalan dengan aman namun dlm pelaksanaan Pleno terjadi perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar namun perbedaan tersebut telah dilakukan perbaikan secara bersama-sama.” katanya

Untuk pelaksanaan rekapitulasi tingkat Kecamatan kata abner, dilaksanakan sejak 20 April hingga 04 Mei 2019, dan sudah 6 kecamatan yang telah selesai melakukan rekapitulasi, namun masih ada yang melakukan pengisian berita acara hasil Rekapitulasi dan untuk Pleno Rekapitulasi tingkat KPU Kab/Kota sesuai Jadwal yang diatur dalam PKPU dari tanggal 20 April sampai dengan tanggal 07 mei 2019.

“Kami KPU Halbar mulai hari ini sampai selesai dilaksanakan Rapat Pleno, agar para saksi benar-benar mengikuti dengan baik sampai selesai, yang mana pada saat pemungutan dan penghitungan suara baik tingkat TPS dan pleno tingkat Kecamatan dari hasil pantauan kami, para saksi dari partai politik tidak maksimal dalam mengikuti proses pemungutan sampai dengan penghitungan suara.” Tuturnya.

Ia berharap,agar dalam proses Rekapitulasi Tingkat Kabupaten, di minta kepada para saksi memiliki data sanding, sehingga ketika terjadi perbedaan bisa dilakukan perbaikian secara bersama.

“Dalam pesta demokrasi ada kalah dan menang sehingga harapan kami pada peserta yang belum berhasil harus terima dan merupakan suatu pengalaman untuk kedepan lebih baik lagi, dan Kami KPU bersama dengan Bawaslu bertekad untuk Halbar tidak lagi di katagori sebagi Daerah zona Merah.” harapnya

Di akhir sambutan, dirinya mengucapkan terima kasih kepada pihak Keamanan yang telah menjaga proses pemilu sehingga berjalan dengan aman dan lancar. “serta ucapan terima kasih juga kepada peserta pemilu yang bekerja sama dengan kami KPU dan Bawaslu sehingga proses dari tahapan sampai dengan rekapitulasi tingkat Kabupaten Halbar berjalan aman dan sukses.” tandasnya. (Adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here