KPU Halbar Gelar Tes Tertulis Calon Anggota PPK Pemilu Tahun 2020

0
56

JAILOLO, PilarMalut.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat (Halbat) Provinsi Maluku Utara, melaksanakan tes ujian tertulis bagi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2020, bertempat di SD Impres 2 Hatebicata Kecamatan Jailolo, Kamis (30/01/2020).

Peserta ujian tertulis calon anggota PPK tersebut diikuti 179 calon yang terbagi dari 8 kecamatan.

Ketua KPU Kabupaten Halbar, Provinsi Mulut, Miftahuddin Yusup mengatakan, calon anggota PPK untuk Pemilu 2020 yang mengikuti ujian ini merupakan hasil dari yang lolos berkas sesuai pensyaratan. “Selanjutnya yang nantinya dinyatakan lolos ujian tertulis tersebut akan memasuki tes wawancara yang dilakukan Kelompok Kerja (pokja) dari KPU, untuk diketahui secara mendalam tentang pemahaman mereka terkait kepemiluan dan undang-undang penyelenggaraan Pemilu,” ujarnya.

Menurutnya, peserta yang tidak mengikuti seleksi pada hari ini di nyatakan gugur secara otomatis. “Usai tahap ini ada ruang tanggapan masyarakat yang di buka masyarakat yang mungkin akan di buka, dan KPU di posisi itu tetap terbuka menerima setiap masukan yang di sampaikan baik itu bawaslu maupun masyarakat,” tuturnya.

Terkait dengan temuan bawaslu terhadap peserta yang terlibat dalam partai politik kata dia, pihaknya menunggu rekomendasi dari bawaslu disertai dengan bukti bukti, kalaupun itu terbukti secara otomatis yang bersangkutan tidak bisa di akomodir dan gugurkan.

“Jadi untuk itu saya selaku ketua KPU meminta kepada bawaslu untuk segara mungkin sebelum proses pengumuman tertulis di umumkan pada tanggal 3, harus sudah menyampaikan rekomendasi ke KPU untuk ditindaklanjuti,” tegasnya.

Miftahuddin menambahkan, pihaknya berharap seleksi tes tulis bisa menghasilkan calon calon PPK yang memiliki integritas dan punya pemahaman perlindungan, kaitannya dengan proses pemilihan kepala daerah khususnya di halbar.

“Saya yakin dan percaya bahwa yang nantinya akan di umumkan 10 orang di masing masing kecamatan itu, sudah melalui tahapan yang positif sesuai norma yang berlaku,” tutupnya. (Adi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here