Kompress Salurkan Bantuan ke Pengungsi Gempa Halsel

0
40

SOFIFI, PilarMalut.id – Bantuan korban gempa bumi 7,2 Skala Richtrs (SR) di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), dari hasil penggalangan dana yang dilakukan Komunitas Pers Sofifi (Kompress), resmi diserahkan kepada para pengungsi.

Bantuan yang salurkan berupa terpal, tikar, beras, minyak goreng, sagu dan ikan kering ini, diserahkan langsung Ketua Kompres Rusdi Abdurrahman, bersama bendahara Kompress Wahyudin Yahya, ke desa Wayatim kecamatan Bacan Timur Tengah, Halmahera Selatan, Jumat (19/07/2019).

“Alhamdulillah sumbangannya telah tersalurkan dan langsung dibagikan ke warga Woyatim, “kata Rusdi kepada sejumlah wartawan.

Menurutnya, di desa Wayotim selain bantuan dari Kompress, juga bantuan dari lembaga lain maupun pemerintah, bahkan bantuan perorangan. Namun bantuan yang diterima pengungsi hanya bisa bertahan selama satu minggu kedepan. Sehingga, pengungsi masih membutuhkan bantuan.

“Masyarakat masih takut pulang ke rumah, jadi mereka masih menempati tenda pengungsi yang berada diatas gunung. Ada lima tenda pengungsi yang dihuni 360 jiwa, mereka memilih bertahan di kema pengungsian karena sebagian besar rumah rusak berat,” ujarnya.

Sebagian besar rumah milik warga kata Rusdi, yang terdampak gempa di desa wayotim ambruk rata dengan tanah, sebagiannya lagi hanya tersisa tiang penahan, bahkan sebagiannya lagi terlihat utuh namun bagian dinding dalam ambruk.

“Bahkan dinding luarnya juga sewaktu-waktu bisa ambruk,” tuturnya.

Tidak hanya rumah, bagunan SD juga tidak bisa digunakan. Sebab sebagian dinding ambruk. “Yang tersisa hanya masjid, satu-satunya bangunan yang tidak retak sedikitpun. Karena itu, masyarakat sangat berharap adanya bantuan dan pembangunan kembali rumah mereka,” terang Rusdy. (Ay).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here