KKN Kebangsaan Dilaksanakan di Dua Kota

0
26

TIDORE, PilarMalut.id – Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan yang dilaksanakan di Kota Tidore Kepulauan dan Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara tahun 2019 dengan tema “Memperkokoh Rasa Kebangsaan Melalui Pengelolaan Sumber Daya Berbasis Kepulauan dan Miligasi Bencana”, resmi dibuka Direktur Kemahasiswaan pada Kemenristekdikti Republik Indonesia, Didin Wahidin yang ditandai dengan pemukulan Tifa, di Pendopo Arena Budaya, Kelurahan Tomagoba, Kota Tidore Kepulauan. Jumat (19/07/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Asrul Sani Soleiman, Sekretaris Daerah Kota Ternate, Asisten Sekda, Staf Ahli Walikota, Pimpinan OPD Kota Tidore Kepulauan, Para Rektor Universitas seluruh Indonesia dan para peserta KKN Kebangsaan.

Walikota Tidore Kepulauan H. Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dan seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan mengucapkan selamat datang kepada para peserta KKN Kebangsaan yang berasal dari berbagai Daerah.

Menurutnya, dengan adanya pelaksanaan KKN Kebangsaan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan, menumbuhkan motivasi masyarakat desa, mengembangkan sifat kepemimpinan mahasiswa serta mengembangkan karakter dan nilai-nilai kebersamaan dan rasa tanggung jawab.

Sementara itu, Sambutan Menteri Riset Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang dibacakan Direktur Kemahasiswaan Didin Wahidin menyampaikan, KKN Kebangsaan yang dilaksanakan di bumi Maluku Utara, bukan hanya KKN biasa saja akan tetapi disini hadir para putra-putri terbaik dari seluruh Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.

Didin Wahidin berharap, para mahasiswa KKN Kebangsaan yang hadir di Maluku Utara mampu untuk menjalin jejaring diantara mahasiswa dan masyarakat, sehingga bisa belajar dari budaya yang sudah diwariskan turun temurun para pendahulu dibumi Maluku Utara ini.

Selain itu, Rektor Universitas Khairun Ternate Husain Alting dalam laporannya mengatakan, KKN Kebangsaan merupakan kegiatan infrakulikuler program Perguruan Tinggi yang memerlukan darma pendidikan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, sekaligus menjadikan ajang pembelajaran bermasyarakat secara berkelompok mahasiswa dari berbagai ilmu.

“Mahasiswa yang mengikuti KKN Kebangsaan ini sebanyak 301 orang yang berasal dari 53 Universitas Negeri di seluruh Indonesia dan akan dibagi dalam dua lokasi yakni, Kota Tidore dan Kota Ternate,” tutur Husain Alting.

Disela-sela kegiatan, Walikota Tidore Kepulauan H. Ali Ibrahim menyempatkan untuk memantau langsung perkemahan KKN Kebangsaan yang berlokasi di areal Pendopo Arena Budaya. (Oi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here