Kapasitas Alat Tes PCR di Malut Per Hari 32 Spesimen

0
26

TERNATE, pilarmalut.id – Tim Dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesoirie, Ternate melakukan pemeriksaan spesimen dengan motode berbasis polymerase chain reaction (PCR), dalam sehari hanya bisa mencapai 32 spesimen.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, dr. Alwia Assagaf dalam konferensi pers di Posko Media Center Covid-19 Sahid Bela Hotel, Kamis (25/6/2020) mengatakan, pihaknya sudah menerima mesin PCR sebanyak 1 unit dari BNPB Pusat, dari permintaan tiga unit untuk Maluku Utara.

“Kapasitas tes Covid-19 berbasis PCR hanya bisa mencapai 32 spesimen per hari, dimana sekali pemeriksaan spesimen memakan waktu 1 jam,” katanya.

Kapasitas tes Covid-19 berbasis PCR ini kata Alwia, merupakan salasatu cara untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di Malut ditambah dengan pemeriksaan melalui TCM di RSUD Chasan Boesoirie.

Alwia juga belum bisa memastikan kapan mesin PCR dapat beroperasi, karena saat ini petugas sementara training, sekaligus menunggu alat diinstal. “Untuk ruangan sudah siap, tinggal alatnya harus diinstal. Berharap secepatnya bisa diproses,” ujarnuya.

Dikatakan, selain pemeriksaan melalui mesin PCR, juga dilakukan pemeriksaan spesimen melalui mesin TCM di RSUD Chasan Boesoirie. “ Kalau mesin PCR bisa tes Covid-19 per hari 32 spesimen, sedangkan untuk dua mesin TCM per hari sebanyak 60 spesimen,” katanya. (Div).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here