Kadikbud Malut Launching Teaching Factory Alfamidi Class dan Studio Podcast SMKN 1 Ternate

0
30
Kadikbud Maliut, Imam Makhdy Hassan, launching Teaching Factory Alfamidi Class dan Studio Podcast, SMK N 1 Kota Ternate

TERNATE,PilarMalut.id- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku Utara, Imam Makhdy Hassan, resmi launching Teaching Factory Alfamidi Class dan Studio Podcast, Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kota Ternate.

Imam Makhdy dalam sambutannya mengatakan, pendidikan abad 21 bertujuan untuk mewujudkan cita-cita bangsa yaitu masyarakat Indonesia yang sejahtera dan setara dengan bangsa lain dalam persaingan global, melalui pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas yakni pribadi yang mandiri, berkemampuan dan berkarakter.

“Dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia, pemerintah terus berupaya menyelenggarakan program-program untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan. Peningkatan kualitas sumber daya dimaksud bertujuan guna memastikan ketersediaan sumber daya manusia terampil dan kompeten pada level menengah yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional melalui SMK. Fasilitasi kebekerjaan lulusan SMK menjadi prioritas pemerintah untuk memastikan bahwa, lulusan SMK yang telah dibekali dengan keterampilan dapat berkarya sesuai dengan kompetensi yang dimiliki,” ujarnya.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Kata Imam Makdhy, pemerintah terus mendorong terwujudnya Link and Match atau Pernikahan antara SMK dengan dunia usaha dan dunia kerja diantaranya, penyelarasan Kurikulum yang disusu bersama industri, Guru tamu dari Industri, Magang guru dan Prakering siswa, Penyerapan Lulusan siswa SMK, Sertifikasi Kompetensi dan Teaching Factory atua kelas Indistri.

“Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada PT. Midi Utama Indonesia yang telah berkomitmen untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran SMK di Provinsi Maluku, melalui penyelenggaraan kelas industri untuk Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran. semoga kerja sama ini dapat meningkatkan kompetensi siswa SMK khususnya kompetensi dalam bidang ritel dan kualitas lulusan SMK pada umumnya,” katanya.

Imam berharap, guru dan siswa SMK Negeri 1 Kota Ternate, dapat memanfaatkan apa yang telah dicanangkan  ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap masuk ke dunia kerja, tutupnya. (Div).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here