Jama’ah Haji Kloter 7 Tiba di Ternate

0
146

TERNATE, PilarMalut.id – Jamaah haji asal Provinsi Maluku Utara yang tergabung dalam kloter 7, 8 dan 9 mulai kembali di Malut melalui Bandara Sultan Babullah Ternate.

Kedatangan jama’ah haji ini, diawali dari jama’ah haji dari kloter 7 yang terdiri dari jama’ah haji asal Kota Ternate, Tidore Kepulauan dan Halmahera Timur, tiba pada Senin (03/09/2018).

Ketua Panitia Penyelanggara Ibadah Haji Daerah Maluku Utara, H. Hasbullah Tahir saat dikonfirmasi mengatakan, jama’ah haji sejak pukul 01.00 Wita, Minggu (02/09/2018) telah tiba di Makassar dan langsung dibawa ke asrama haji Makassar, untuk beristirahat sebelum bertolak ke Ternate.

”Alhamdulillah jama’ah kloter 7 telah tiba di Makassar dalam kondisi sehat, hanya saja ada beberapa jama’ah harus mendapatkan perawatan lantaran kelelahan. Untuk jama’ah kloter 7 yang pulang tinggal 449 jama’ah lantaran satu orang jama’ah telah meninggal saat di Makkah,“ katanya.

Hasbullah mengaku, kedatangan jama’ah haji kloter 7 dari Makassar menuju Ternate menumpangi maskapai penerbangan Lion Air dibagi dalam tiga penerbangan, rencananya sesuai time schedul Penerbangan pertama, mengangkut 180 jama’ah haji asal Halmahera Timur dan Tidore, beserta PPIHD berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada Senin (03/09/2018) pukul 05.00 Wita dan tiba di Bandara Sultan Babullah, pada pukul 07.45 Wit.

Kemudian penerbangan kedua mengangkut jama’ah haji dan PPIHD asal Kota Ternate, berjumlah 150 orang bertolak dari Makassar pada pukul 08.00 WITA dan tiba Ternate pada pukul 10.45 Wit, sedangkan penerbangan ketiga mengangkut jama’ah haji dan PPIHD berjumlah 150 orang, mulai berkumpul di bandara Makassar pada 06.00 dan berangkat pada pukul 09.30 wita dan tiba di Ternate pada pukul 12.15 Wit.

”Setiap penerbangan jama’ah haji dari makassar ke Ternate didampingi PPIHD dan tenaga medis, dan pada saat tiba Ternate jama’ah haji turun dari pesawat langsung naik ke Bus jemputan jama’ah haji menuju Asrama Haji Kelurahan Ngade,” tuturnya.

Ia menjelaskan, setelah jama’ah haji berada di Asrama Haji, Kelurahan Ngade, Kota Ternate, PPIHD Provinsi Maluku Utara, langsung menyerahkan pada PPIHD Kabupaten/Kota, dalam penyerahan jama’ah haji ke PPIHD kabupaten/kota sekaligus dengan barang bawaan serta sahara jama’ah.

“Penyerahan jama’ah haji dari panitia Provinsi ke Kabupaten/kota serahkan langsung barang bawaan serta sahara, nanti panitia kabupaten yang membagikan sahara jama’ah karena mereka lebih tau, dan saat ini barang dan sahara jama’ah haji kloter 7 sudah berada digudang dan siap diangkut ke Ternate,” imbuhnya.

Untuk kesiapan penjemputan kedatangan jama’ah haji mulai dari angkutan bus sampai masalah teknis sudah siap, bahkan panitia juga menyiapkan stiker mobil keluarga yang datang menjemput keluarga jama’ah haji di Asrama haji.

”Bus penjemputan sudah siap, untuk kelurga yang menjemput keluarga haji harus menggunakan stiker panitia, Karena pihak keamanan akan menjaga mobil yang tidak menggunakan sticker tidak bisa masuk ke areal asrama haji, ini dilakukan untuk hindari kemacetakan,” tutup Hasbullah. (gun).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here