Irine Salurkan Beasiswa PIP ke 140 Siswa SD Inpres Gorua

1
266
Anggota Komisi X DPR-RI, Irine Yusiana Roba Putri menyerahkan beasiswa secara simbolis

TOBELO, PilarMalut.id – Anggota Komisi X DPR RI, Irine Yusiana Roba Putri, kembali menyalurkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP), kepada Siswa di Maluku Utara (Malut). Kali ini penerimanya 140 Siswa di SD Inpres Gorua dan SD GMIH Gorua, Kecamatan Tobelo Utara, Kabupaten Halmahera Utara, Selasa (13/11/2018).

“Beasiswa PIP adalah program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), yang bermitra dengan Komisi X DPR RI. Tugas saya, memastikan Program Pemerintah Pusat tepat sasaran dan menjawab kebutuhan masyarakat,” kata Irine dalam sambutannya.

Menurutnya, pemberian beasiswa merupakan hasil sinergi antara jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pihak Sekolah dan Tim Irine Center, yang mencatat berbagai kebutuhan dan aspirasi di daerah.

“Sebagai Anggota DPR RI, tugas saya adalah menjembatani program pemerintah pusat, dan kebutuhan warga di daerah. Kami di Tim Irine Center menangkap aspirasi pihak sekolah dan orang tua siswa, lalu mengupayakan supaya sambung dengan program kementerian,” katanya.

Beasiswa PIP bertujuan untuk mencegah peserta didik dari putus sekolah akibat kesulitan ekonomi, sekaligus meningkatkan akses anak usia 6 sampai dengan 21 tahun, terhadap layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah.

“Pemerintah Jokowi sudah bertekad dan mengambil berbagai langkah kongkret untuk menaikkan angka partisipasi sekolah. Memang beasiswa ini tidak bisa menyelesaikan semua masalah pendidikan. Tapi, saya percaya sesuai semboyan Presiden Jokowi, bekerja pasti akan menghasilkan sesuatu, Bekerja bukan mengeluh,” kata Irine.

Dalam kunjungannya, Irine disambut dengan tarian adat Cakalele dari para siswa. Dalam kesempatan itu, Irine juga melakukan Dialog dengan kepala sekolah, para guru dan orang tua siswa dari kedua sekolah, untuk mencatat aspirasi dan harapan mereka terkait peningkatan kualitas pendidikan.

Kepala Sekolah SD Inpres Gorua Agustina Kampona, berpesan kepada orang tua siswa yang belum menerimah PIP supaya tidak cemburu, karena semuanya butuh proses.

“Muda-mudahan siswa-siswi yang belum menerima di tahun ini, bisa mendapatkan beasiswa PIP di tahun-tahun ke depan,” katanya.

Ia juga memohon kepada orang tua murid, supaya ketika mendapat uang agar digunakan sebaik-baiknya, jangan uang ini digunakan untuk membeli pulsa.

Sementara itu, perwakilan orang tua siswa, Said Buaja, menyampaikan terimah kasih kepada Presiden Jokowi dan lebih khusus kepada ibu Irine Yusiana Roba Putri, karena beasiswa PIP sungguh membantu.

Lanjut Said, Irine adalah seorang putri terbaik dari Maluku Utara yang paling memperhatikan nasib anak-anak. “Untuk itu tiada kami ucapan terimah kasih atas kerja keras ibu Irine dan tim. Sungguh kami bahagia semoga dengan bantuan ini anak-anak kami kelak bisa sukses, seperti ibu Irine,” tuturnya. (AA).

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here