Inspektorat Pastikan Audit Anggaran Bawaslu Malut

0
614
Kepala Inspektorat Malut, Bambang Hermawan

SOFIFI, PilarMalut.id – Inspektorat Provinsi Maluku Utara (Malut), memastikan tetap mengaudit Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Malut, karena Inspektorat telah berkoordinasi dengan Direktorat Kementrian Dalam Negeri.

“Kita telah meminta pertimbangan hukum ke Direktorat Kementrian Dalam Negeri dan janji nya di akhir agustus akan memberikan jawaban,” kata Kepala Inspektorat Malut, Bambang Hermawan kepada awak media, usai mengikuti upacara HUT RI ke 73 di Sofifi, Jumat (17/08/2018).

Menurutnya, sikap Bawaslu menolak di audit karena tidak paham sumber anggaran yang diberikan negara.

“Alasan mereka menolak di audit karena persepsinya mereka, adanya pengesahan dari menteri keuangan maka dianggap bagian dari dana APBN, padahal mereka tidak mengerti bahwa kalau memang APBN maka prosedurnya juga melalui APBN, misalnya Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) nya APBN tapi ini kan prosedur pencairannya melalui SP2Dnya APBD berarti dana mereka dana APBD bukan APBN,” jelasnya.

Ia menjelaskan, perbedaan pendapat yang menjadi alasan pihak Bawaslu menolak diaudit, padahal sesuai dengan PP Nomor 60 terkait sumber dana sudah jelas mengatur kewenangannya. “SP2D nya kan APBD maka sesuai aturan kewenangannya ada pada kami,” katanya.

Bambang menegaskan, pihaknya tetap mengaudit anggaran Bawaslu, meski Bawaslu menolak.

“Ini kan jelas-jelas dana APBD yang mereka gunakan, Lagian kenapa menolak, jika tidak ada kesalahan pada penggunaan anggaran, ini ada apa,” cetusnya. (Ay).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here