Harga Masih Anjlok, Masyarakat Halut Baikot Jalan Lintas Tobelo-Galela

1
284
Aksi Boikot Jalan Tobelo-Galela

TOBELO, PilarMalut.id -.Mayarakat petani kelapa yang tergabung dalam Persatuan Petani Galela (PPG) dan Gerakan Mahasiswa Peduli Untuk Rakyat (Gempur), Senin, (19/11/2018) kembali melakukan unjuk rasa terkait anjloknya harga kopra.

Amatan PilarMalut.id, unjuk rasa para petani kelapa kali ini berbedah dengan unjuk rasa sebelumnya, sebab masyarakat langsung melakukan pemboikotan jalan lintas Tobelo-Galela tepatnya di Desa Mamuya, Kecamatan Galela, Kabupaten Halmahera Utara (Halut).

Dalam unjuk rasa tersebut masyarakat petani kopra mendesak Pemerintah Kabupaten Halut segera mencari solusi untuk menaikan harga kopra.

Salah satu masa unjuk rasa, Safrin Gusmal, dalam orasinya mengatakan, meski harga kopra anjlok namun Pemda Halut terkesan diam karena hingga saat ini Pemda Halut belum melahirkan kebijakan baru untuk mendorong naikkan harga kopra.

“Harga kopra mengalami keterpurukan, namun Pemda hanya diam. Bahkan, belum ada solusi dari Pemda Halut untuk menyelesaikan permasalahan ini,” katanya.

Menurutnya, langkah masyarakat petani kopra memboikot jalan agar Pemda Halut segera mungkin mengambil langkah menyelesaikan permasalahan harga kopra yang semakin terpuruk.

“Sengaja kami tutup jalan raya agar karena agar Bupati Frans Manery, bisa memberikan solusi pada rakyat Halmahera Utara. Kami sudah tak mampu lagi, sehingga cara inilah yang bisa kami lakukan agar aspirasi kita didengar Bapak Bupati,” tuturnya.

Sementara salah satu pengunjuk rasa, Deice menjelaskan, turunnya harga kopra sangat berpengaruh kuat terhadap ekonomi masyarakat. Sebab, masyarakat Halut bergantung pada pemenuhan kebutuhan ekonomi melalui tanaman kopra.

“Jika ini terus berlanjut dan tak ada kenaikkan harga kopra, maka anak-anak sudah tak bisa untuk sekolah lagi. Untuk makan saja susah, apalagi untuk menyekolahkan anak, “terang salah satu masyarakat Mamuya Deice. (AA).

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here