Gugus Tugas Covid-19 Ternate Kecolongan, Banyak Penumpang KM Dorolonda Lolos Dari Pemeriksaan

1
5074
Penumpang yang turun dari KM Dorolonda di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate

TERNATE, PilarMalut.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ternate, rupanya kecolongan melakukan pengawasan di pintu masuk pelabuhan. Pasalnya, saat KM Dorolonda tiba di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Kamis (16/04/2020) sekitar pukul 06.00 WIT, masih banyak penumpang yang lolos dari pemeriksaan petugas yang ditempatkan di Pelabuhan Ahmad Yani.

Amatan PilarMalut.id, banyaknya penumpang yang lolos dari pemeriksaan petugas, membuat koordinator pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Malut, Armin Zakaria langsung mengambil langkah berkordinasi dengan sejumlah personil Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ternate yang berada di pelabuhan Ahmad Yani.

“Ini bagi mana tidak dilakukan pengawasan dengan ketat sehingga banyak penumpang yang lolos, seharusnya penumpang yang turun langsung di tahan dilakukan pemeriksaan” kata Armin dihadapan sejumlah personil gugus tugas kota Ternate.

Menurutnya, seharusnya dilakukan pendataan setiap penumpang yang turun sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk penumpang dan dilakukan karantina di tempat karantina yang sudah di sediakan Pemkot Ternate, sesuai hasil rapat bersama di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut di Hotel Sahid Bela Ternate.

“Kalian jangan biarkan penumpang seperti ini sehingga penumpang banyak yang lolos. Kita sudah rapat seharusnya penumpang yang turun dari kapal yang berdomisili di Ternate harus di Karantina dulu untuk di periksa, jangan di biarkan begini,” cetus Armin.

Dihapan personil Gugus Tugas Kota Ternate Armin menegaskan, Pihaknya telah menyiapkan mobil Bus dan Mobil TNI untuk mengangkut penumpang yang turun dari kapal tujuan di Kabupaten/Kota lain di Malut dan di karantina sementara di Hotel Sahid Bela Ternate.

“Yang dari Kabupaten lain tanggung jawab kami untuk karantina, penumpang yang domisili di Ternate kalian (Gugus Tugas Ternate) langsung karantina, karena ini sudah jadi keputusan rapat bersama, bagi mana di biarkan begini dan ada yang lolos dan sudah pulang di rumah masing-masing,” imbuhnya.

Mendengar arahan koordinator Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut itu, personil Gugus Tugas Covid-19 Kota Ternate langsung bergegas melakukan pemeriksaan identitas dan pemeriksaan suhu badan seluruh penumpang KM Dorolonda.

Dalam pemeriksaan tersebut penumpang yang turun dari kapal tujuan kebupaten lain, tim gugus tugas Malut langsung mengangkut mereka dengan mobil TNI dan Bus menuju ke Hotel Sahid Bella Ternate untuk dikarantina, sedangkan penumpang yang domisili di Kota Ternate di bawa ke Hotel Vellia untuk di karantina selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

Sementara, Pj Sekretaris Daerah Kota Ternate, Thamrin Alwi saat dikonfirmasi di pelabuhan Ahmad Yani, membenarkan ada penumpang yang lolos dari pemeriksaan petugas, sehingga kedepan pihaknya akan lebih memperketat pengawasan di Pelabuhan.

“Memang tadi ada lolos juga tapi tidak terlalu banyak,” akunya.

Ia menambahkan, selain di pelabuhan, pihaknya juga akan memperketat pengawasan di Bandara. “Di Bnadara juga akan kita lakukan seperti ini dan lebih di perketat lagi,” tuturnya. (Div).

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here