Gubernur Malut Hadiri Entry Meeting Pemeriksaan Kinerja Terinci

0
54
Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba

SOFIFI,PilarMalut.id- Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, menghadiri Entry Meeting terkait pemeriksaan kinerja terinci atas penangulangan pandemi Covid 19 bidang kesehatan semester I tahun anggaran 2020, serta pemeriksaan kepatuhan terinci Refocussing penanggulangan pandemi Covid 19 bidang kesehatan pada pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Kabupaten/kota se Provinsi Maluku Utara, dilaksanakan di ruang rapat Kantor BPK Perwakilan Maluku Utara dan secara Virtual Kabupaten/kota, Senin (19/10/2020).

Gubernur dalam sambutanya menyampaikan, sampai saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung, sehingga perlu melakukan langkah-langkah penanganan lebih lanjut, baik yang dilakukan di tingkat pusat maupun daerah.

Sejauh ini kata Gubernur, Pemerintah Provinsi Maluku Utara maupun Pemerintah Kabupaten/Kota melalui APBD masing-masing telah bersama-sama melakukan langkah penanganan Covid-19 secara cepat, tepat, fokus, terpadu, dan sinergi melalui refocusing dan/atau realokasi anggaran yang digunakan untuk penanganan kesehatan dan hal-hal lain terkait kesehatan, penanganan dampak ekonomi terutama menjaga agar dunia usaha daerah masing-masing tetap hidup, dan penyediaan jaring pengaman sosial/social safety net, sebagaimana Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Lingkungan Pemerintah Daerah.

“Setelah melakukan audit pendahuluan yang telah berakhir pada bulan lalu, Saya menyambut baik atas kehadiran kembali Tim BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara ini dalam rangka audit rinci terhadap anggaran percepatan penanganan Covid-19,” ujarnya.

Menurutnya, dengan kehadiran tim BPK diharapkan pengelolaan keuangan daerah dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Maluku Utara, dapat dinyatakan sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Sehubungan hal itu,  gubernur meminta kepada para Kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku Utara yang terkait dalam penangangan Covid-19, secepatnya menyiapkan semua berkas laporan, dan selalu responsif terhadap permintaan data yang diminta tim BPK.

Diakhir sambutan, Gubernur mengucapkan selamat bertugas kepada Tim BPK Perwakilan Maluku Utara untuk melaksanakan tugas audit rinci.

“Semoga dengan tugas yang dibebankan ini dapat memberikan arah yang lebih baik terhadap pengelolaan keuangan daerah di Provinsi Maluku Utara,” tutupnya. (Div).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here