Gubernur dan Kapolda Pastikan Pileg dan Pilpres di Malut Berjalan Aman

0
97

SOFIFI, PilarMalut.id – Guna memastikan keamanan dan kelancaran Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif ┬ápada 17 April 2019 mendatang, pemerintah pusat dan pemerintah daerah Maluku Utara melaksanakan video conference (vicon).

Vicon berasama Dirjen Polpum Kemendagri Soedarmo, Dirjen Dukcapil, Zudan Arief Fakrulloh, yang dengan Gubernur Malut, KH. Abdul Gani Kasuba, di lantai IV ruang rapat Gubernur  dihadiri Kapolda Malut Brigjenpol Suroto, Kepala Kejaksaan Tinggi, Ketua Pengadilan Tinggi, Kabinda, Komisioer KPU Malut Kasman Tan dan beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup pemprov Malut.

Dalam vicon tersebut Gubernur dan Kapolda serta KPU Malut memastikan pelaksanaan Pileg dan Pilres di Malut berjalan lancar dan aman sesuai rencana.

“Insha Allah, segala sesuatu yang berkaitan dengan Pilpres dan Pileg di daerah Maluku Utara akan berjalan baik dan lancar,” kata Gubernur Malut Abdul Ghani Kasuba.

Sementara, Kapolda Malut dalam vicon melaporkan, pihaknya selalu siap untuk mengamankan jalannya proses Pileg dan Pilpres di Malut.

“Pada prinsipnya kami siap untuk mengamankan jalannya Pilpres dan Pileg, mulai dari pendistribusian, pencoblosan sampai pada pleno,” ujarnya.

Menurutnya, personil Polda suda siap memback up Polres yang ada di Kabupaten/Kota. “Kami dari pihak keamanan baik Polri dan TNI siap mengamankan jalannya Pileg dan Pilpres,” tuturnya.

Komisioner KPU Malut, Kasman Tan menambakan, terkait penyelenggara Ad Hok (PPK, PPS dan KPPS) suda di rekrut dan saat ini telah dilakukan bimtek.

Sementara surat suara kata dia, masih kekurangan seingga pihakya  meminta kepada pihak Kemendagri dapat membantu berkoordinasi langaung dengan KPU Pusat demi kelancaran proses percetakan sekaligus pendistribusian.

“Terdapat 3.806 TPS, 1.180 Desa, 115 Kecamatan dan jumlah pilih sebanyak 805.937 orang, dan siap untuk malaksanakan hajatan Pilpres dan Pileg ini,” terangnya. (Ay).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here