Gempa 7,1 Guncang Morotai, Rumah Warga di Empat Kecamatan Rusak

0
81

MOROTAI, pilarmalut.id – Gempa mangnitudo 7,1 mengguncang wilayah Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara, Kamis (04/06/2020) sekitar pukul 17.55 WIT, mengakibatkan puluhan rumah yang tersebar di empat Kecamatan mengalami kerusakan parah, dan ringan.

Amatan pilarmalut.id, gempa yang berdurasi kurang lebih 2 menit ini membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah dan puluhan rumah mengalami kerusakan parah sera ringan.

Data yang di dapat PilarMalut.id, sebanyak 31 rumah warga yang mengalami kerusakan berat dan ringan di empat Kecamatan yakni, Kecamatan Morotai Selatan (Moresl) Desa Totodoku 1 rumah, Kecamatan Morotai Timur (Mortim) Desa Mira 1 Rumah, Kecamatan Morotai Utara (Morot) Desa Lusuo sebanyak 16 rumah yaitu 4 rumah rusak para dan 12 rumah rusak ringan, Kecamatan Morotai Jaya (Morotai) sebanyak 13 rumah rusak parah dan sebagian rusak ringan.

Salah satu warga Desa Pangeo Kecamatan Morja, Fandi Poetra saat dihubungi melalui via WhatsApp mengaku, di Desa Pengao sekitar 13 rumah rusak parah dan ada yang rusak ringan. “Untuk rumah yang rusak sekitar 13 rumah di Rt 05, lima rumah. Rt 04, delapan rumah. 13 rumah itu ada yang rusak ringan, sementara kalau untuk korban tidak ada” kata Fandi Kepada pilarmalut.id.

Lanjut dia, warga yang mengalami kerusakan rumah akibat gempa itu, sangat berharap Pemerintah Daerah (Pemda) Pulau Morotai secepatnya mengambil kebijakan. “Pemerintah setempat dapat melihat kejadian ini dan mengambil kebijakan,” harapnya.

Terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulau Morotai, Kusnadi Funae, saat dikonfirmasi wartawan membenarkan adanya kerusakan rumah, namun pihanya sementara masih mendata.

“Ada kerusakan rumah dan bangunan di desa-desa sementara di data,” singkatnya. (Zan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here