Gakkumdu Mulai Aktif Tangani Pelanggaran Pilkada di Kota Ternate

0
32

TERNATE, pilarmalut.id – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kota Ternate sudah mulai aktif dan akan mulai memproses pelanggaran tindak pidana pelanggaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kota Ternate.

Persiapan menjalankan fungsi Gakkumdu dan pelaksanaan pilkada serentak 2020 di bahas dalam rapat koordinasi minternal antara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Ternate bersama Gakkumdu, di kantor Bawaslu Kota Ternate, Sabtu (27/6/2020).

Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan mengatakan, rapat koordinasi tersebut merupakan langkah Bawaslu dan Gakkumdu menghadapi setiap tahapan pelakasanaan Pilkada serentak tahun 2020 di Kota Ternate.

“Gakkumdu sudah aktif, itu artinya Gakkumdu siap melaksanakan proses penaganan pelanggaran yang berhubungan dengan tindak Pidana Pemilihan,” katanya.

Di bulan Juni ini lanjut Kifli, Gakkumdu akan focus pada tahapan ferivikasi factual (Verfak) bakal calon perseorangan. “Sekarang tahapannya tahapan yang sedang berjalan itu ferivikasi factual. Apabila ada dugaan tindak pidana pemilihan umum, maka Gakkumdu akan bekerja secara maksimal,” ujarnya.

Sementara, anggota Bawaslu yang membidangi Divisi HPP, Sulfi Majid mengatakan, Gakkumdu akan bekerja secara profesional dalam melakukan penanganan pelanaggaran. “Kita akan focus dan bekerja secara maksimal melakukan penanganan pelanggaran dalamkontek pidana pemilihan,” singkatnya.

Sekedar diketahui, rapaat koordinasi dihadiri Komisioner Bawaslu Kota Ternate, Kasipidum Kejari Ternate, Anggota Jaksa Jehari Rernate, dan Kasatrekrim Polres Ternate serta anggotanya. (div).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here