Dua Minggu Hanyut, Nelayan Bitung Ditemukan

0
68
Nelayan asal Bitung,Sulawesi Utara yang hanyut di temukan.

TERNATE, PilarMalut.id – Dua minggu hanyut di laut, Nelayan Asal Bitung atas nama Riando Pawelin (22) akhirnya ditemukan di perairan laut Banda.

Korban ditemukan dalam kondisi selamat setelah hanyut terombang-ambing dilaut selama dua minggu. Korban sempat dilakukan pencairan tim SAR Basarnas Bacan selama 7 hari, namun tidak ditemukan sehingga pencarian dihentikan kemudian dilanjutkan dengan pemantauan.

Kronologis kejadian, pada 2 Januari 2019, pukul 11.30 WIT, Basarnas Ternate terima informasi dari Evendi (Orari Bacan)  yang menerima panggilan darurat di Frequensi Radio 14.410 MHz, yang menyebutkan adanya rompong yang hanyut dari Perairan Bitung Sulawesi Utara, sampai ke perairan Halsel Maluku Utara.

Ssehingga, pada pukul 11.45 WIT, Tim SAR Gabungan Unit Siaga SAR Bacan dan Potensi SAR melakukan pencarian terhadap korban. Namun sampai hari ke 7 korban tidak ditemukan, sehingga operasi SAR ditutup dan dilanjutkan dengan pemantauan.

”Tim SAR melakukan pencairan di laut Halmahera Selatan selama 7 hari namun hasilnya nihil, sehingga pencairan dihentikan,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, M Arafah, M Arafa, Selasa (15/01/2018).

Kemudian pukul 16.20 WIT kata M Arafa, petugas siaga komunikasi SAR Ternate menerima info dari pemilik kapal bernama Philip yang menyebutkan korban berhasil ditemukan dalam keadaan selamat, pihak  Kapal Tugboat yang melintas di antara Perairan Laut Banda – Kaimana (diperkirakan 8 Nm sebelum Kaimana) pada Senin malam.

”Korban kemudian dievakuasi menuju pelabuhan kaimana, Selanjutnya korban difasilitasi Syahbandar Kaimana dan TNI AL untuk dipulangkan ke Bitung, Sulawesi Utara,” tuturnya. (bib).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here