DPC GMNI Halut Gelar Festival Sumpah Pemuda

0
223
Ilustrasi

TOBELO, PilarMalut.id – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia (GMNI) Tobelo Kabupaten Halmahera Utara (Halut), dalam waktu dekat akan menyelenggarakan Festival Sumpah Pemuda 28 Oktober 2018.

“Tujuan dari festival tersebut guna merangsang pemuda Halmahera Utara, untuk melihat kondisi negara lantaran seluruh pemuda hampir terkontaminasi dengan kepentingan politik,yang akhirnya memunculkan pemikiran yang tidak sesuai pemuda-pemuda 1928,” kata ketua Bidang Aksi Dan Propaganda, Nimrod Lasa kepada PilarMalut.id.

Ia menjelaskan, kebenaran sejarah kalah itu Bung Karno dan pemuda-pemudi berkumpul dan mengumpulkan seluruh kelompok gerakan pemuda untuk bersatu dan melaksanakan Konggres Sumpa pemuda pertama pada tahun 1926, yang melahirkan kesepakatan bersama, pemuda harus bersatu.

“Sesuai konstruktif berfikir bung karno dari 1926 sampe 1934 Bung Karno menerapkan Nasionalisme, maka dari itu pemuda indonesia harus bersatu melawan Primordialisme yang nantinya hanya memecah belahkan bangsa. Pemuda harus keluar dari ego-ego sektarian kelompok,” ujarnya.

Untuk itu kata dia, DPC GMNI Halut mengharapkan, seluruh OKP di Halut dan para pelajar tingkat SMP,SMA dan SMK se Halut, jika berminat untuk mengikuti lomba pada kegiatan sumpah pemuda segera mendaftar ke panitia.

“Kami juga berharap seluruh Ketua-Ketua OKP mari gelorakan semangat sumpah pemuda di Bumi Hibualamo, untuk bersama-sama meramaikan di acara festival nant,” katanya.

Festival sumpah pemuda tersebut dengan tema “Bersama GMNI Kita Tingkatkan Kesadaran Berfikir Kreatif Kaum Muda Halmahera Utara Melalui Semangat Sumpah Pemuda” yang akan di pusatkan di Gedung Hibualamo. Pendaftaran mulai di buka pada tanggal 24-28 Oktober 2018.

Ada beberapa lomba yang panitia sudah siapkan bagi seluruh peserta untuk di tingkat Pelajar yakni, Puisi dengan judul Pemuda Bersatulah Membangun Indonesia, 2. Pidato, “Sumpah Pemuda” judul bebas, 3.Selois judul lagu, “Bangun Pemuda- Pemudi” cipt. Alfret Simanjuntak (1 lagu pilihan). Untuk tingkat Mahasiswa, 1. Orasi Ilmiah tentang Sumpah Pemuda (bebas judul). 2. Teater tentang sejarah sumpah pemuda (bebas judul). 3. Solois judul lagu “Bangun Pemuda-Pemudi” cipta. Alfret Simanjuntak (1 lagu pilihan).

Panitia juga menyiapkan hadiah untuk peserta yg mengikuti lomba mulai dari juara I, II dan III untuk tiap-tiap peserta pemenang lomba akan mendapatkan 1 buah trofi,piagam dan bonus. Untuk biaya pendaftaran tiap peserta yang mengikuti lomba Puisi,Menyanyi dan Orasi Ilmiah sebesar Rp.150.000. sedangkan untuk Tiem Teater biaya pendftarannya sebesar Rp.300.000. tempat pendftaran di Gedung Dean Fista Ruang Kapita. (AA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here