Diprediksi 5 Tahun Lagi Danau Galela ‘Hilang’

0
256

HALUT, PilarMalut.id – Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara memprediksi 5 tahun lagi, Danau Galela terancam hilang, akibatnya semakin tumbuhnya tumbuhan eceng gondok di permukaan air danau, untuk itu butuh perhatian serius baik dari pemerintah kabupaten maupun pemerintah Provinsi Malut.

Kepala Badan Litbangda Pemda Halut Yudi Hatnoya pada wartawan, baru-baru ini mengatakan luas danau Galela 400 hekter lebih, namun sampai tahun 2018 ini kodisi danau Galela sudah 60 persen sudah tertutup dari tumbuhan eceng gondok, untuk itu butuh perhatian dari pemeritah Provinsi Malut untuk sama-sama mengatasi masalah ini. ”Pemerintah Kabupaten Halut tahun ini mengangaran 5 miliar untuk membersihkan rumpul eceng gondok, namun anggaran ini tidak cukup untuk itu perlu bantuan dari pemerintah provinsi untuk,” katanya.

Menurutnya danau Galela merupakan sumber air untuk masyarakat di dua Kecamatan yakni Kecamatan Galela Selatan dan Galela Barat, oleh karena itu jika ini tidak diatas secara cepat maka masyarakat  diwilayah itu kesusahan air untuk kebutuhan sehari-hari. “Danau Galela sudah menjadi sumber air bagi masyarakat di dua kecmatan, sehingga perlu perhatian bersama,” ujarnya.

Ia mengaku hasil penelitian diperkirakan lima tahun lagi danau Galela akan hilang karena sudah ditutup secara keseluruhan dari rumpul eceng gondok. ”Diperkirakan lima tahun lagi jika tidak atasi dengan secara serius, maka danau Galela akan hilang lantaran sudah ditutup oleh rumput eceng gondok,” ungkapnya. (gun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here