Dalam Waktu Dekat Kejati Ekspos Kasus Kapal Nautika Dikbud Malut

0
55
Aspidsus Kejati Malut, Muhammad Irwan Datuiding

TERNATE, pilarmalut.id – Kejaksaan Tinggi Maluku Utara, melalui Bidang Pidana Khusus dalam waktu dekat akan menggelar ekpsos perkara dugaan korupsi pengadaan kapal Nautika di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku Utara.

Assisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Malut Muhammad Irwan Datuiding kepada pilarmalut.id Senin (29/06/2020) mengatakan, tim penyidik di pidsus pekan kemarin telah selesai menyusun laporan Bahan Penyelidikan (Lapbandik) perkara pengadaan Kapal Nautika.

“Rencananya pekan kemarin kita gelar ekspos tetapi karena berbenturan dengan beberapa agenda kegiatan seperti pelantikan jadi ditunda, tapi secepatnya akan kita gelar ekspos paling cepat minggu ini,” katanya.

Menurutnya, progres perkara kapal nautika tinggal menunggu hasil ekspos untuk menentukan perkara tersebut ditingkatkan ke tahap penyidikan ataukah penyelidikan lagi, karena kekurangan pembuktian perbuatan melawan hukum.

“Intinya penyelesaiannya harus jelas, apakah layak naik atau tidak naik, jangan sampai berdampak pada status sesorang yang terombang-ambing karena dalam penegakan hukum harus ada kejelasan dan kepastian hukum,” ujarnya.

Ia menegaskan, meski baru menjabat sebagai pimpinan di bidang pidana khusus Kejati Malut, namun tunggakan kasus yang belum diselesaikan akan menjadi prioritas untuk segera dituntaskan.

“Besok saya rapat dengan Kasi-Kasi saya menanyakan perkara-perkara yang kita tangani, baik dalam proses penyelidikan, penyidikan maupun penuntutan karena fokus saat ini menangani perkara yang sudah ada tapi tidak menutup diri apabila ada perkara baru yang diadukan, tetap kita tangani,” tuturnya. (Ay).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here