Mau Dapat Bantuan UMKM untuk Usaha Anda? Ini Cara Daftar UMKM yang Benar!

Tahukah Anda jika pemerintah kini sedang gencar memberikan bantuan bagi penggiat UMKM. UMKM adalah singkatan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah. UMKM ini ditujukan kepada para pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah milik perseorangan maupun usaha. UMKM sendiri memegang peranan penting bagi perputaran ekonomi Indonesia. Namun semenjak pandemi menyerang, banyak sekali UMKM yang gulung tikar karena sepi konsumen dan faktor lainnya. Maka dari itu, pemerintah memberikan bantuan semaksimal mungkin agar tetap menjaga kelangsungan UMKM ini. Apakah Anda salah satu penggiat UMKM?

Jika benar, Anda bisa mendaftar untuk mendapatkan bantuan UMKM ini. Ada banyak sekali bantuan UMKM yang hadir di luar sana. Dari pemerintah atau dari non pemerintah. Adapun beberapa bantuan UMKM tersebut adalah bantuan untuk sektor pangan, sektor fashion, dan sektor kuliner. Salah satu yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah BLT atau Bantuan Langsung Tunai. Bantuan BLT ini berkisar sekitar Rp. 2.400.000 yang akan diberikan langsung dalam satu waktu. Di sisi lain, Anda juga bisa mendapatkan pinjaman dari beberapa bank BUMN di Indonesia untuk tetap mempertahankan usaha Anda. Tertarik? Cek cara daftarUMKM di bawah ini.

Beberapa Bantuan UMKM Lainnya dan Cara Daftar UMKM

Untuk bisa mendaftar sebagai penerima bantuan UMKM, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Adapun cara daftar UMKM adalah sebagai berikut. Pertama, siapkan semua dokumen yang akan dibutuhkan. Dokumen-dokumen tersebut seperti KTP, NPWP, Surat Keterangan Usaha, dan Surat Ijin Usaha. Kedua, semua dokumen tersebut bisa Anda bawa ke Kadiskop atau Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah kabupaten atau kota masing-masing. Lalu lakukan pendaftaran diri. Pendaftaran diri ini hanya memakan waktu beberapa menit saja.

Setelah itu Anda bisa cek status Anda sebagai penerima BLT. Cara mengecek BLT UMKM sendiri adalah melalui alamat website https://eform.bri.co.id/bpum. Masukan NIK dan kode verifikasi setelah itu klik ‘proses inquiry’. Jika Anda layak sebagai penerima BLT, Anda bisa langsung mencairkan dana bantuan tersebut. Siapkan Surat Pernyataan Penerima Dana BPUM dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM). Surat-surat ini bisa Anda dapatkan dan isi di bank BRI terdekat. Uang bantuan Anda pun akan segera dicairkan melalui rekening BRI. Maka dari itu bagi nasabah BRI Anda bisa langsung mencairkan bantuan ke rekening Anda sedangkan non nasabah bisa membuat rekening terlebih dahulu.

Keuntungan Daftar UMKM Bagi Usaha Anda!

Itulah segala informasi mengenai BLT UMKM. Mulai dari pengertian, jenis, dan cara pendaftarannya. Apakah Anda termasuk orang yang memenuhi syarat sebagai penerima bantuan BLT ini? Jika benar, Anda bisa mengajukan bantuan ini sekarang juga dengan cara di atas. Jangan salah. Bantuan BLT dari pemerintah ini bisa memberikan banyak sekali keuntungan dan manfaat bagi usaha yang Anda miliki. Adapun keuntungan penerima BLT tersebut adalah sebagai berikut.

Pertama, bisa menerima bantuan dalam jumlah Rp. 2.400.000 dengan mudah dan singkat. Bantuan BLT ini mencakup usaha-usaha mikro, kecil, dan menengah. Jumlah uang yang diberikan ini bisa didapatkan dengan mudah tanpa harus melalui proses yang ribet. Kedua, Anda bisa menggunakan bansos UMKM ini untuk mempertahankan, memperbesar, dan memperluas usaha Anda. Bagi Anda yang usahanya terdampak pandemi, Anda bisa menggunakan bantuan ini untuk bertahan di masa pandemi. Namun jika usaha Anda masih stabil, Anda bisa menggunakan bantuan ini untuk memperbesar dan memperluas usaha Anda.

Ketiga, pendaftaran mudah dan bisa dilakukan secara online. Selain melakukan pendaftaran BLT secara offline dengan cara di atas, Anda juga bisa mendapatkan bantuan lain untuk usaha Anda secara online. Bantuan ini diberikan oleh BRI untuk UMKM juga. Bantuan ini berupa pinjaman dana dengan bunga rendah untuk para pegiat UMKM. Daftar BLT UMKM online ini sendiri bisa dilakukan melalui alamat website https://kur.bri.co.id/ untuk pinjaman KUR atau pinjaman e-commerce. Jadi sudah siap untuk mendaftarkan usaha Anda sebagai penerima bantuan dari pemerintah?