Bupati Dinilai Peduli Kesehatan, Halbar Dapat Kucuran Dana Rp 26 Miliar Dari Kemenkes

0
210
Pose Bersama Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek, dan Bupati Danny Missy

JAILOLO, PilarMalut.id – Kehadiran Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Prof. Dr. Nila Moeloek di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) rupanya membawa hasil yang memuaskan. Pasalnya, orang nomor satu di Kemenkes RI itu, hadir di Halbar bukan saja mengikuti kegiatan Jambore Malaria dan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda), tapi juga membawa anggaran kesehatan sebesar Rp. 26 miliar, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 untuk menunjang fasilitas kesehatan di Halbar.

Menkes Nila Moeloek yang didampingi Bupati Halbar saat melakukan konfrensi pers di lapangan sasadu desa acango, Senin (01/04/2019) mengatakan, Bupati Danny Missy selalu mendatangi Kemenkes untuk menyampaikan berbagai problem kesehatan di Halbar, bahkan Bupati Danny sering mengeluh tentang fasilitas yang tersedia di RSUD Halbar, melalui pengajuan proposal dari Bupati Danny, kemenkes melanjutkan permintaan Bupati ke Kementrian Keuangan (Kemenkeu) untuk mengalokasikan angaran DAK untuk kesehatan di Halbar Rp. 26 Miliar.

”Masyarakat Halbar harus bersyukur, karena pak Bupati selalu intens dan memikirkan tentang kondisi kesehatan yang ada di Halbar dan ingin mewujudkan fasilitas RSUD di Halbar yang memadai,” katanya.

Ia menuturkan, pihaknya siap membantu menyiapkan Dokter Spesialis jika pemkab halbar membutuhkan tenaga dokter Spesialis, bahkan dirinya meminta bupati Denny mengidentifikasi berapa tenaga dokter yang dibutuhkan di halbar untuk dilaporkan ke kementrian kesehatan.

”Kapan saja kita siap bantu, jika pak Bupati intens melakukan komunikasi dengan kami, olehnya itu, dukungan masyarakat sangat penting membantu program Bupati dibidang kesehatan, sehingga kekurangan tenaga kesehatan di Halbar, bisa disampaikan ke Kemenkes,” ujarnya.

Sementara Bupati Halbar Danny Missy mengatakan, Pemkab Halbar dibawah kepemimpinannya akan konsen terhadap masalah kesehatan, yang menjadi prioritas saat ini yakni menjadikan RSUD Jailolo yang layak bagi Masyarakat Halbar, sehingga pasien dari halbar tidak lagi merujuk ke Rumah Sakit yang ada di Ternate.

“Segala upaya saya akan lakukan untuk memenuhi kebutuhan RSUD, sehingga kedepan masyarakat Halbar yang sakit tidak lagi di rujuk ke Ternate,” katanya.

Ia menambahkan, dengan bantuan dari kementerian Kesehatan, RSUD Jailolo kini sudah miliki ruang operasi sendiri dan fasilitas yang canggih, seperti adanya lift menuju ke lantai dua, bahkan ruang inap kelas III yang sudah diresmikan oleh Menkes, fasilitasnya sudah lengkap, sehingga fasilitas yang ada di RSUD perlahan akan dipenuhi.

”Saya minta doa dan dukungan masyarakat, untuk memperbaiki fasilitas kesehatan yang ada di halbar kedepan yang lebih baik lagi,” tuturnya. Untuk di ketahui, kehadiran Menteri Kesehatan di halbar dalam rangka menghadiri acara Jambore Malari dan Rakerkesda se-Maluku Utara yang di pusatkan di Halbar, sejak Minggu hingga Senin (01/04/2019), Menkes dan rombongan dijadwalkan kembali ke Jakarta pada Selasa (02/04/2019), melalui Bandara Babullah Ternate, dengan menumpangi Pesawat Garuda Indonesia. (Mg1/Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here