BPK Mulai Periksa Anggaran Covid-19 Pemprov Malut dan Kabupaten/Kota

0
70
Kepala BPK Perwakilan Maluku Utara, Hermanto.

TERNATE,PilarMalut.id- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Maluku Utara, saat ini melakukan pemeriksaan terperinci pengunaan anggaran Corona Virus (Covid-19) di Pmemerintah Provinsi Malu dan Pemda Kabupaten dan Kota se Malut.

Kepala BPK Perwakilan Malut, Hermanto mengatakan, salah satu visi BPK menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksa yang berkualitas dan bermanfaat.

Dengan visi tersebut kata dia, BPK senantiasa berupaya mendorong pemerintah daerah untuk melaksanakan pengelolaan keuangan dengan berbagai kondisi termasuk pengelolaan keuangan dalam rangka penanggulangan Covid-19.

“Tim juga telah melaksanakan pemeriksaan pendahuluan daLam rangka penanganan Covid-19 untuk lima tim pemeriksa pada empat Pemerintah daerah yaitu Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Pemerintah Kota Ternate, Pemerintah Halmahera Utara, dan Pemerintah Pulau Morotai,” ujarnya.

Hermanto mengaku, khusus untuk pemerintah Provinsi Maluku Utara, pemeriksaan atas penanganan Covid 19 dilakukan dua tim yang terdiri dari tim pemeriksa kepatuhan dan tim pemeriksa kinerja.

“Hasil pemeriksaan pendahuluan menunjukan bahwa pemerintah daerah telah melaksanakan berbagai upaya dan capaian dalam penanganan Covid-19,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk menilai efektifitas penanganan Covid-19 secara komprehensif, BPK akan melaksanakan atau melanjutkan pemeriksaan terinci atas kinerja dan kepatuhan dalam penanganan Covid-19.

“Setiap tim akan melaksanakan pemeriksaan terinci mulai hari ini tanggal 19 oktober 2020sampai dengan 30 hari kedepan sesuai surat tugas yang akan disampaikan kepada Kepala Daerah. Tim juga akan melakukan pemeriksaan melalui Online atau secara tatap muka dengan tetap sesuai protokol Kesehatan,” tuturnya.

Penyerahan Surat Tugas Tim Pemeriksa Keuangan Penanganan Covid19 dari Kepala BPK Perwakilan Maluku Utara untuk Pemerintah Privinsi Malut diterima Gubernur Malut serta Surat Tugas Pemeriksa Keuangan Penanganan Covid19 kepada Kota Ternate, Kabupaten Halmahera Utara dan Kabupaten Pulau Morotai. (div).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here